Unsur-unsur Terbentuknya Negara

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Unsur-unsur Terbentuknya Negara

Bangsa merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yaitu nation. Kata nation sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti natio atau sesuatu telah lahir dan dapat pula bermakna keturunan. Jadi istilah bangsa umumnya merujuk pada kelompok manusia yang berada dalam satu keturunan yang sama. Pengertian dari bangsa sendiri adalah kelompok orang yang memiliki identitas bersama, masih berada dalam satu garis keturunan, dan memiliki kesamaan bahasa, ideologi, dan sejarah. Paham yang dimiliki oleh suatu bangsa disebut nasionalisme atau semangat kebangsaan. Berikut ini adalah pengertian bangsa berdasarkan pendapat para ahli:

Ir. Soekarno
Salah satu Bapak dari Bangsa Indonesia, Ir Soekarno juga memiliki pandangannya mengenai definisi bangsa. Menuurut Ir. Soekarno, bangsa adalah segerombolan manusia yang besar dan memiliki keinginan keras untuk bersatu dengan adanya persamaan watak juga hidup di atas satu wilayah yang nyata.

Jalobsen dan Lipman
Menurut Jalobsen dan Lipman, bangsa adalah suatu kesatuan budaya (cultural unity) dan satu kesatuan politik (political unity).

Ernest Renan
Ernest Renan menyatakan bahwa bangsa dapat terbentuk karena adanya ikatan batin dari sekolompok manusia. Manusia – manusia ini kemudian memiliki kehendak untuk bersatu karena merasa satu jiwa.

Hans Kohn
Hans Kohn menyatakan bahwa bangsa adalah hasil tenaga hidup manusia yang berkembang dan bersifat dinamis. Suatu bangsa umumnya memiliki faktor tertentu yang membedakannya dengan bangsa lain. Fator tersebut, meliputi ras, wilayah, bahasa, adat istiadat, dan agama yang diakui bersama.

Otto Bauer
Terinspirasi dari istilah Perancis, yaitu Charakter Gemeinschaft yang memiliki arti persamaan karakter/nasib. Otto Bauer menyatakan bahwa bangsa merupakan sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakter yang timbul karena persamaan nasib dan pengamalan sejarah budaya yang tumbuh berkembang seiring dengan perkembangan bangsa tersebut.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Unsur pembentuk bangsa dapat dibedakan dalam arti etnis dan etis (politis). Bangsa yang terbentuk dalam arti etnis memiliki sifat bawaan karena adanya kesamaan keturunan, tempat tinggal, dan adat istiadat. Sedangkan, dalam arti politik bangsa terbentuk karena adanya sesuatu yang sifatnya diciptakan dari diri manusia seperti adanya keinginan bersama untuk mencapai kesejateraan atau adanya persamaan nasib.

Menurut seorang ahli bernama Benedict Anderson, bangsa adalah komiunitas politik yang dibayangkan dalam suatu wilayah yang jelas batasnya dan memiliki kedaulatan. Jadi berdasarkan pengertian ini kita dapat menarik kesimpulan bahwa menurut Benedict Anderson, bangsa terdiri dari dari tiga hal yaitu:

Berdaulat
Suatu bangsa akan memiliki kekuasaan penuh atas suatu wilayah dan masyarakat yang hidup di dalamnya.

Komunitas politik yang dibayangkan
Umumnya bangsa terdiri dari sekumpulan masyarakat yang tidak saling mengenal tetapi memandang satu sama lain sebagai satu kesatuan sehingga anggota ini akan berkorban demi keutuhan komunitas yang dibayangkan.

Batas yang Jelas
Sebesar apapun suatu bangsa, sifatnya akan tetap terbatas. Batas wilayah ini harus bersifat jelas, untuk membedakannya dengan bangsa yang lain.

Dari ketiga hal ini, dapat diuraikan bahwa unsur pembentuk bangsa adalah hal – hal sebagai berikut:

1.Adanya sekelompok manusia yang memiliki keinginan untuk bersatu
2.Berada dalam suatu wilayah tertentu yang memiliki batas yang jelas
3.Adanya kehendak untuk membentuk atau berada di bawah kekuasaan pemerintahan

4.Perasaan senasib dan sepenanggungan, memiliki visi, misi, dan tujuan yang sama

5.Memiliki faktor – faktor yang sama dan unik sehingga bisa dibedakan dari bangsa lainnya, seperti adat istiadat, bahasa, agama, dan identitas.

Demikian materi tentang unsur-unsur terbentuknya negara.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS