Sifat-sifat Negara

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Sifat-sifat Negara

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai sifat yang dimiliki sebuah negara, maka akan lebih baik jika kita mengetahui arti negara baik secara bahasa dan istilah. Negara merupakan terjemahan dari state dalam Bahasa Inggris, staat dalam Bahasa Belanda, dan etate dalam Bahasa Prancis. Kata – kata ini berasal dari Bahasa Latin, yaitu status atau satum yang memiliki arti tegak dan tetap. Istilah status juga merujuk pada kedudukan dan dihubungkan dengan kedudukan dari sebuah perkumpulan hidup manusia. Inilah awal mulanya terbentuk pengertian mengenai negara.

Negara dan bangsa memiliki pengertian yang berbeda. Bangsa lebih erat kaitannya dengan kelompok manusia yang hidup di suatu wilayah, sedangkan negara adalah organisa dari kumpulan manusia yang hidup di wilayah tersebut. Dari penjelasan singkat tersebut dapat dipahami bahwa, negara adalah suatu organisasi atau badan tertinggi yang meiliki kekuasaan atau kewenangan mengatur hubungan, menyelenggarakan ketertiban, menetapkan tujuan hidup bersama, dan memiliki kewajiban untuk menyejahterakan kelompok masyarakat yang hidup di dalamnya. Para ahli memiliki beberapa pendapat yang berbeda mengenai pengertian sebuah negara, berikut adalah diantaranya:

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

  1. Max Weber, negara adalah sebuah masyarakat yang memiliki monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam wilayah tertentu.
  2. Mac Iver, sebuah negara harus memiliki tiga unsur pokok, yaitu wilayah, rakyat, dan pemerintahan.
  3. Logeman berpendapat bahwa negara adalah suatu organisasi kemasyarakatan yang bertujuan dengan kekuasaannya mengatur serta menyelenggarakan suatu masyarakat.
  4. Roger F.Soleau, negara adalah alat atau dalam kata lain wewenang yang mengendalikan dan mengatur persoalan-persoalan yang bersifat bersama atas nama masyarakat.
  5. Prof. Miriam Budiarjo menyatakan bahwa negara adalah organisasi tertinggi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyatnya.

Pendapat – pendapat tersebut memberikan penjelasan bahwa negara adalah suatu daerah atau wilayah yang seluruh rakyatnya dipimpin atau dikelola oleh pejabat yang berhak menuntut warganya untuk memeatuhi segala peraturan perundang – undangan melalui kontrol monopoli yang sah. Negara juga memiliki pengertian sebagai organisasi politik, organisasi kekuasaan, dan organisasi kesusilaan. Negara sebagai organisasi politik memiliki pengertian bahwa negara memiliki kekuasaan untuk mengatur hubungan masyarakat yang hidup di dalamnya dan mengendalikan gejalan kekuasaan yang muncul di masyarakat. Sedangkan, negara sebagai organisasi kekuasaan memiliki pengertian bahwa negara memiliki kehendak untuk mengatur hubungan antar masyarakat dalam wilayah yang dicakupnya. Negara juga merupakan penjelmaan individu – individu yang hidup di dalamnya dan memiliki kekuasaan tertinggi. Oleh karena itu, sebagai organisasi kesusilaan negara berhak mengatur kehidupan bermasyarakat dan manusia sebagai warga negara tidak bisa berbuat sesuai kehendaknya sendiri.

Sebagai sebah organisasi dan asosiasi khusus, negara juga memiliki beberapa sifat yang merupakan manfestasi dari kedaulatan yang dimilikinya. Ahli Tata Negara, Prof. Miriam Budiarjo menyatakan bahwa sifat negara adalah sebagai berikut:

    1. Sifat Memaksa
      Negara memiliki sifat memaksa yaitu dapat menggunakan kekerasan fisik secara legal untuk mewujudkan tujuan dan ketertiban bersama. Beberapa sarana yang digunakan adalah penjaga ketertiban dan keamana seperti polisi, tentara, dan lain – lain. Hal ini dilakukan agar setiap warga negara dapat taat dan patuh pada peraturan perundangan yang berlaku.
    2. Sifat Monopoli
      Negara berhak menguasai sumberdaya penting dengan tujuan kepentingan bersama. Negara juga berhak dalam mengelola peraturan untuk meredam paham individu ataupun kelompok.
    3. Sifat Mencakup Semua (Totalitas)
      Segala peraturan yang diterapkan oleh negara adalah berlaku untuk seluruh warga negara tanpa terkecuali. Sifat totalitas negara ini juga mencakup bahwa semua kewenangan yang bertujuan untuk kepentingan bersama adalah wewenang penuh negara.

Demikian pembahasan seputar sifat-sifat negara.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS