Pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara

Kita telah mengetahui bahwa dasar dari negara Indonesia adalah Pancasila. Hal ini telah disesuaikan dengan sejarah dan nilai – nilai luhur yang dianut oleh bangsa. Pancasila dianggap paling ideal dalam mewujudkan nilai kehidupan berbangsa, karena memiliki beberapa asas berikut:

  • Asas gotong royong, yaitu bekerja sama dalam melakukan hal yang manfaatnya akan dirasakan bersama.
  • asas kekeluargaan, yaitu adanya penghargaan terhadap hak – hak setiap individu dalam masyarakat
  • Asas musyawarah, yaitu setiap keputusan yang diambil berdasarkan atas kepentingan bersama
  • Asas kebersamaan, yaitu setiap manusia pada hakikatnya membutuhkan orang lain dalam menjalankan kehidupannya dan tidak dapat hidup sendiri, oleh karena itu diperlukan semangat gotong royong dan kekeluargaan.
  • Asas Bhinneka Tunggal Ika, yaitu masyarakat pasti meiliki keberagaman baik dalam hal kepercayaan, budaya, dan sebagainya. Meskipun demikian, mereka memiliki satu tujuan yang sama untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan. Oleh karena itu, diperlukan persatuan dari elemen masyarakat baik antar agama, antar suku, danĀ  antar golongan.
  • Asas keseimbangan, yaitu perlunya keseimbangan antara kehidpan jasmani dan kehidupan rohani, kehidupan individu dan kehidupan sosial, sserta keseimbangan dengan alam atau lingkungan sekitar.

Pancasila memiliki peranan sebagai norma tertinggi dan sumber dari seluruh hukum yang ditetapkan di Indonesia. Nilai dasar pancasila ialah bersifar abstrak , normatif serta nilai itu menjadi motivator dalam penyelenggaraan kegiatan bernegara. Selain sebagai dasar negara dan ideologi, Pancasila memiliki peranan sebagai gambaran filsafat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dimana dalam pelaksanaannya, penyelenggaraan kegiatan kenegaraan harus didasari pada kelima asas yang terkandung dalam Pancasila yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, serta Keadilan. Beberapa peranan Pancasila sebagai dasar negara adalah sebagai berikut:

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

  1. Memberikan semangat persatuan kepada bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman, baik dalam hal kebudayaan maupun agama serta mempertahankan kerukunan antargolongan.
  2. Memberikan arahan dan memperkuat tekad untuk mencapai tujuan dan cita – cita bangsa Indonesia.
  3. Memecahkan masalah kenegaraan karena Pancasila juga berpean sebagai landasan atau dasar norma teringgi dan sumber hukum.
  4. Memberikan identitas atau kekhasan pada bangsa Indonesia

Sedangkan fungsi Pancasila dan kedudukannya di Negara Indonesia adalah sebagai berikut;

1.Pancasila sebagai dasar negara

Sifat Pancasila adalah sebagai dasar yaitu yang pertama dan utama. Setelah ditetapkannya Pancasila sebagai dasar negara, maka negara Indonesia menjadi negara Pancasila dimana negara harus tunduk, mengamalkan, serta menjaga nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila. Negara Pancasila adalah negara yag didirikan, dipertahankan, dan dikembangkan dengan tujuan menjungjung tingi hak dan martabat seluruh warna negara Indonesia agar seluruh warga negara dapat hidup layak, berkembang sesuai potensi yang dimiliki, dan mendapatkan kesejahteraan baik lahir maupun batin.

2.Kepribadian Bangsa Indonesia

Pancasila harus dapat tercermin dari sikap dan perilaku seluruh rakyat Indonesia. Hal ini dikarenakan Pancasila lahir dari bersamaan dengan lahirnya bangsa Indonesia dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya adalah identitas khas dari bangsa Indonesia.Oleh karena itu, dalam kehidupan sehari – hari bangsa Indonesia perlu berpegang pada satu asas bersama yaitu Pancasila.

3. Pancasila sebagai pandangan hidup

Pancasila merupakan pedoman dalam pengambilan keputusan dan semua kegiatan masyarakat harus sesuai dengan kelima nilai yang terkadung dalam Pancasila. Nilai tersebut adalah Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan atau demokrasi, dan keadilan sosial atau kesetaraan.

4. Perjanjian luhur bangsa Indonesia

Setelah menyatakan kemerdekaan dan berdiri sebagai negara yang berdaulat, bangsa Indonesia telah menyatakan bahwa Pancasila adalah dasar negara yang sah dan diakui. Pengesahan ini dilakukan oleh PPKI sebagai perwakilan dari seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS