Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

Beberapa waktu belakangan ini para aktivis HAM memberikan protes kepada pemerintah terhadap adanya hukuman mati para gembong n*rk*b* dan teroris? Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan HAM tersebut? HAM adalah kependekan dari hak asasi manusia yang memiliki pengertian hak mutlak yang melekat dan dimiliki setiap manusia dari lahir hingga meninggal. Hak ini mencakup hak untuk hidup, hak untuk beragama, hak untuk berusaha, hak untuk mengeluarkan pendapat, hak untuk memperoleh kemerdekaan, hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, dan sebagainya. HAM berlaku universal dan sifatnya sama bagi semua orang. HAM membutuhkan partisipasi aktif banyak orang untuk mewujudkan kemanusiaan yang lebh beradab.

HAM muncul dari keyakinan manusia bahwasanya setiap manusia diciptakan Tuhan memiliki derajat yang sama artinya adalah setiap manusia terlahir bebas dan meiliki harkat dan martabat yang sama dan harus dihormati dan dihargai oleh manusia lainnya. Peraturan perundang – undangn di Indonesia juga mentaur mengenai HAM, menurut UU no 39 tahun 1999 HAM adalahseperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. HAM wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan mendapatkan perlindangan baik dari pemerintah suatu negara, hukum, dan manusia lainnya. Karena merupakan karunia yang diberkan Tuhan sejak lahir, HAM bersifat kodrati dan pasti dimiliki oleh setiap orang tanpa terkecuali. Pelanggaran terhadap HAM adalah kejahatan yang serius dan perlu mendapatkan penanganan yang serius.

Definisi dari HAM menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

  • Menurut David Beetham dan Kevin Boyle, HAM dan kebebasan – kebeasan fundamental adalah hak – hak individual yang berasal dari kebutuhan – kebutuhan serta kapasitas – kapasitas manusia.
  • Menurut A.J.M Milne, HAM adalah hak yang dimiliki oleh semua umat manusia di segala masa dan di segala tempat karena keutamaan keberadaannya sebagai manusia.
  • Franz Magnis dan Suseno berpendapat bahwa HAM adalah hak – hak yang dimiliki manusia bukan karena diberikan kepadanya oleh masyarakat melainkan karena martabatnya sebagai manusia. Manusia memilikikan karena ia adalah manusia.
  • Menurut Austin Ranney, HAM adalahruang kebebasan individu yang dirumuskan secara jelas dalam konstitusi dan dijamin pelaksanaannya oleh pemerintah.

HAM sendiri memiliki ciri – ciri khusus yang berbeda dengan jenis hak yang lain, diantaraya adalah:

  • HAM bersifat hakiki artinya hak yang sudah dimiliki manusia sejak dia lahir
  • HAM tidak dapat hilang atau dicabut dari seseorang
  • HAM bersifat universal dan dimiliki setiap manusia, tidak memandang suku, agama, negara, dan jenis kelamin seseorang.
  • HAM sifatnya tidak dapat dibagi artinya setiap manusia berhak mendapatkan haknya dalam segala bidang dengan porsi yang sama, baik dalam hal politik, hak ekonomi, dan hak budaya.

HAM dalam kenyataannya mencakup dalam seluruh aspek kehidupan, baik dalam ranah pribadi, politik, hukum, ekonomi, dan sosial budaya. Berikut adalah contoh HAM dalam penyelenggaraan beberapa aspek kehidupan.

  1. Hak Asasi Pribadi  meliputi hak untuk bergerak, berpindah tempat, hak untuk mengeluarkan pendapat, hak untuk aktif di organisasi.
  2. Hak Asasi Politik meliputi hak untuk memilih dan dipilih dalam pemilihan, hak mendirikan partai politik, hak ikut serta dalam pemerintahan.
  3. Hak asasi hukum meliputi hak mendapatkan kedudukan yang sama dalam hukum, hak mendapatkan perlindungan dan pelayanan hukum.
  4. Hak Asasi Ekonomi meliputi hak untuk mendapatkan  pekerjaan yang layak, hak melakukan kegiatan jual beli, hak melakukan kegiatan sewa dan utang piutang.
  5. Hak sosial budaya meliputi hak mendapatkan pendidikan yang layak, hak mengembangkan kebudayaan, dan hak mendapatkan pengajaran.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS