Macam-macam Hukum

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Macam-macam Hukum

Untuk menjaga ketertiban diperlukan sebuah aturan, dimana akan ada hukuman bagi yang melanggar. Oleh karena itu dalam sebuah negara diperlukan dasar hukum yang kuat. Tahukah kamu apakh dasar hukum di Indonesia dan jenis – jenis hukum apa saja yang ada di Indonesia? Hukum adalah sebuah peraturan yang hidup yang ada dalam masyarakat yang memaksa orang untuk mematuhi tata tertib dan ada sanksi tegas bagi mereka yang melanggar. Hukum dapat dibedakan menjadi beberapa jenis didasarkan pada sumbernya, sasarannya, bentuk, isinya, wujud, dan waktunya.

  • Menurut Sumber Hukum

Sumber hukum adalah segala sesuatu yang menimbulkan aturan dan memiliki kekuatan untuk memaksa seseorang mematuhi peraturan tersebut. Sumber hukum digolongkan menjadi sumber hukum material yaitu keyakinan atau pendapat umum yang menentukan isi dari hukum dan sumber hukum formal yang merupakan wujud dari sumber hukum material. Sumber hukum formal terbagi menjadi beberapa hal, yaitu:

1. Undang – undang

Pengertian undang – undang dapat dilihat secara formal ataupun material. Undang – undang secara material adalah peraturan yang dikeluarkan pemerintah dilihat dari isi atau materinya dan sifatnya mengikat, sedangkan undang – undang secara formal adalah keputusan penguasa yang dilihat dari bentuk dan cara terjadinya. Biasanya berbentuk amandemen dari undang – undang yang telah ada.

2. Kebiasaan Tidak Tertulis

Kebiasaan yang terjadi dalam masyarakat yang berupa norma atau kelaziman yang biasa terjadi dan bersifat tidak tertulis merupakan sesuatu yang juga perlu dipatuhi oleh anggota masyarakat. Aturan inilah yang disebut Kebiasaan tidak tertulis atau dalam praktek penyelenggaraanya disebut konvensi. Konvensi lahir dari sebuah kebiasaan yang dilakukan secara berulang – ulang atau biasa terjadi dan diterima oleh seluruh masyarakat, serta adanya kekosongan dalam hukum tertulis. Konvensi dapat melengkapi undang – undang dan tidak boleh bertentangan dengan undang – undang.

3. Yurisprudensi

Yurisprudensi adalah sumber hukum yang terjadi dengan adanya keputusan hakin terdahulu dan dapat digunakan oleh hakim lainnya sebagai acuan atau pedoman dalam memutuskan sebuah perkara. Yurisprudensi dapat lahir karena adanya peraturan perundang – undangan yang kurang lengkap atau tidak jelas, sehingga perlu dilengkapi atau diperjelas secara rinci. Keputusan hakim ini juga dapat dipengaruhi dari nilai – nilai yang hidup dalam masyarakat.

4. Perjanjian Internasional atau Traktat

Traktat adalah kesepakatan yang dibuat oleh sebuah negara dengan negara lainnya mengenai permasalahan tertentu yang melibatkan kepentingan negara – negara yang bersepakat. Traktat dapat dibedakan menjadi traktat bilateral bila dibuat oleh dua negara dan traktat multilateral jika disepakati oleh lebih dari dua negara. Traktat biasanya dibuat dengan beberapa tahapan yaitu penetapan isi perjanjian, perstujuan DPR dari maisng – masing negara, persetujuan oleh kepala negara (ratifikasi), dan terakhir adalah pengumuman dalam bentuk pertukaran piagam perjanjian.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

5. Doktrin

Doktrin adalah pendapat para ahli hukum yang dapat dipercaya dan kompeten sehingga menjadi dasar atau asas masyarakat atau ahli lain dalam mengambil keputusan atas sebuah perkara. Doktrin dapat berpengaruh dalam hubungan internasional. Doktrin yang biasanya sering digunakan misalnya pendapat para imam besar islam, yaitu Imam Hambali, Imam Hanafi, Imam Syafi’i, dan Imam Malik serta doktrin Trias Politica oleh Montesquieu.

  • Hukum Menurut Sasarannya

Hukum menurut sasarannya dibagi menjadi hukum satu golongan, hukum semua golongan, dan hukum antar golongan. Hukum satu golongan berlaku antar satu golongan, seperti hukum yang mengatur pernikahan pada sesama umat muslim. Hukum semua golongan yaitu hukum yang berlaku untuk seluruh golongan dan umum seperti hukum kewarganegaraan, dan hukum antar golongan adalah hukum yang mengatur hubungan antara golongan misalnya antar warga negara Indonesia dan Malaysia.

  • Hukum Menurut Bentuknya

Hukum menurut bentuknya dapat dibedakan menjadi hukum tertulis dan hukum tidak tertulis. Hukum tertulis adalah hukun yang dapat ditemui dan dilihat bentuknya, contohnya adlaah Undang – Undang 1945. Sedangkan, hukum tidak tertulis adalah kebiasaan yang tumbuh dalam masyarakat, contohnya adalah hukum adat dan konvensi.

  • Menurut Isinya

Hukum menurut isinya dibagi menjadi hukum publik yang mengatur hubungan hukum untuk kepentingan umum dan hukum sipil/privat yang mengatur hubungan hukum yang menyangkut kepetingan pribadi antar warga negara.

  • Menurut Wujudnya

Menurut wujudnya, hukum dibagi menjadi hukum objektif dan hukum subjektif. Hukum objektif adalah hukum yang berlaku umum sedangkan hukum subjektif adalah hukum objektif yang menyangkut kepentingan seseorang.

  • Menurut Waktu Berlakunya

Hukum dapat dibedakan menjadi Ius Contitutum, Ius Costituendum, dan Hukum antar waktu. Ius Constitutum artinya hukum yang berlaku saat ini atau biasa disebut hukum positif, sedangkan Ius Constituendum adalah hukum yang diharapkan pada masa yang akan datang berupa rancangan. Hukum antar waktu adalah hukum yang diberlakukan untuk mengatur peristiwa yang menyangkut hukum di masa lalu dan saat ini.

  • Menurut Ruang atau Wilayah Berlakunya

Hukum dapat dibedakan menjadi hukum lokal yang berlaku hanya pada suatu daerah atau wilayah tertentu biasanya berupa adat istiadat, hukum nasional yang berlaku di suatu negara tertentu, dan hukum internasional yang mengatur hubungan antar negara.

  • Menurut Tugas dan Fungsi

Menurut tugas dan fungsinya, hukum dibagi menjadi hukum material dan hukum acara atau hukum formal. Hukum material adalah aturan yang berupa larangan atau perintah, sedangkan hukum formal adalah aturan yang memuat cara untuk mempertahan berlakunya hukum material seperti cara untuk mengajukan tuntutan.

Demikian pembahasan seputar macam-macam hukum.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS