Kepanjangan dari OPEC dan APEC beserta keterangannya

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Kepanjangan dari OPEC
OPEC merupakan singkatan dari Organization of the Petroleum Exporting Countries, kalau diterjemahkan menjadi Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi.

Keterngan Tentang OPEC
OPEC merupakan organisasi internasional yang didirikan pada 14 September 1960 di Bagdad, Irak. Tujuan organisasi ini adalah untuk menegosiasikan masalah-masalah tentang produksi, hak konsensi, dan harga minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak.

Negara-negara aggota OPEC antara lain Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Qatar, Nigeria, Libya, Kuwait, Irak, Iran, Ekuador, Angola, Aljazair, dan Venezuela.

Indonesia pernah menjadi anggota OPEC. Namun, pada tahun 2009 Indonesia keluar dari OPEC karena tak lagi menjadi negara pengekspor minyak. Indonesia tidak mampu memenuhi permintaan kebutuhan minyak untuk penduduknya.

Mandat OPEC adalah untuk mengkoordinasikan dan menyatukan kebijakan perminyakan negara-negara anggotanya dan untuk menjamin kestabilan pasar minyak. OPEC menetapkan target produksi untuk negara-negara anggota dan pada umumnya, ketika target produksi OPEC berkurang, harga minyak naik.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Kepanjangan dari APEC
APEC adalah singkatan dari Asia-Pacific Economic Cooperation, kalau diterjemahkan menjadi Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik.

Keterangan Tentang APEC
APEC merupakan organisasi yang didirikan dengan tujuan untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara kawasan Asia Pasifik. Organisasi ini didirikan pada tahun 1989. Hingga kini APEC memiliki 21 anggota, antara lain: Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Korea Selatan, Jepang, Brunei Darussalam, Kanada, Australia, Mongolia, Vietnam, Russia, Peru, Chili, Papua Nugini, Meksiko, Hong Kong, Republik Rakyat Tiongkok, Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Taiwan.

Setiap tahun APEC mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di negara-negara anggotanya. Pada KTT 1994 yang diselenggarakan di Bogor, Indonesia, APEC menghasilkan “Deklarasi Bogor”. Pada tahun 2013 Indonesia kembali menjadi tuan rumah KTT APEC, tepatnya di Bali.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS