Kedudukan Pembukaan UUD 1945

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Kedudukan Pembukaan UUD 1945

Sebuah negara yang berdaulat juga memerlukan adanya sebuah kontitusi atau ketentuan – ketentuan pokok dan menjadi salah satu sumber dalam penetapan atau pengesahan perundang – undangan. Dasar konstitusional Negara Indonesia adalah UUD 1945. Dalam UUD 1945 terdapat dua unsur penting, yaitu pembukaan UUD 1945 dan batang tubuh UUD 1945. Pembukaan UUD 1945 merupakan bagian yang sangat penting karena di dalamnya terdapat Pancasila sebagai filsafat negara dan tekandung cita – cita serta tujuan bangsa sementara dalam batang tubuh UUD 1945 terdapat pasal – pasal yang merupakan penjabaran dari pembukaan UUD 1945. Oleh karena itu, pembukaan UUD 194 memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan batang tubuh UUD 1945. Pokok – pokok pikiran yang terkandung dalam UUD 1945 adalah sebagai berikut:

  1. Pokok Pikiran 1: “Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasarkan atas persatuan demi mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.” Isi yang dapat diambil dari kalimat ini adalah bahwa negara Indonesia menghendaki adanya persatuan dengan mengesampingkan kepentingan golongan atau perorangan.
  2. Pokok Pikiran 2: Negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat. dalam hal ini, negara memiliki tugas dan kewajiban untuk menyejahterakan rakyat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
  3. Pokok pikiran 3: Negara menganut sistem kedaulatan rakyat  didasarkan atas kerakyatan dan permusyawartan perwakilan. Sistem yang terbentuk dalam penyelenggaraan negara dan pemerintahan serta peraturan UUD harus didasarkan pada kedaulatan rakyat dan permusyawaratan perwakilan.
  4. Pokok pikiran 4: Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa atas dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Hal ini menyiratkan bahwa UUD mengandung budi pekerti kemanusiaan dan nilai moral yang luhur.

Kedudukan Pembukaan UUD 1945 dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebagai berikut:

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

  • Pembukaan UUD memuat tentang pokok kaidah negara juga sebagai penentu adanya UUD 1945 dan Pancasila. Pembukaan UUD juga merupakan pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia yang terperinci. Dalam Pembukaan UUD 1945, pernyataan proklamasi dan tindakan-tindakan yang berkaitan dengan pembentukan Negara Republik Indonesia tertuang dalam alinea ke-3.
  • Pembukaan UUD 1945 sebagai tertib hukum tertinggi di Indonesia karena dalam Pembukaan UUD 1945 terkandung Pancasila.  Pembukaan UUD 1945 khususnya aline ke-4 telah memuat syarat yang cukup sebagai dasar tertib hukum di Indonesia yaitu kebulatan dari keseluruhan peraturan-peraturan hukum. Sedangkan, batang tubuh UUD 1945 merupakan penjabaran dari nilai – nilai yang terkandung di Pembukaan UUD 1945.
  • Pembukaan UUD 1945 memiliki kedudukan yang kuat dan tetap karena bersifat fundamental atau merupakan dasar dan kerangka dalam pembentukan sebuah sistem hukum sehingga tidak boleh diubah. Berbeda dengan batang tubuh UUD 1945 yang mengakami perubahan (amandemen) karena hanya merupakan penjavara dari makna yang dikandung dalam Pembukaan UUD 1945. Kesepakatan MPR juga menyatakan bahwa Pembukaan UUD 1945 memuat tentang pernyataan kemerdekaan dasar beridirnya Negara Indonesia, tujuan, dan dasar negara sehingga tidak boleh mengalami perubahan.

UUD 1945 bukan hanya mengandung pasal – pasal tetapi pada hakikatnya setiap hal yang berkenaan dengan penyelenggaraan ngera perlu merujuk dan melaksanakan isi dari UUD 1945, terutama pemegang kebijakan pemerintahan dan hukum baik dalam tingkat pusat maupu daerah.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS