Jenis-jenis Dasar Negara

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Jenis-jenis Dasar Negara

Kita telah mengetahui bahwa dasar atau ideologi setiap negara berbeda – beda, tergantung dari sejarah terbentuknya negara tersebut dan budaya yang melingkupinya. Beberapa ideologi umum yang dianut oleh sebagian besar negara di dunia adalah sebagai berikut:

1. Liberalisme

Inti dari paham liberalisme adalah hak dan kebebasan individu dan kebebasan ini dilindungi dari campur tangan pemerintah serta pihak – pihak lain. Paham ini terbentuk biasanya di negara yang sebelumnya memiliki kekuasaan kerajaan atau pemerintah yang mutlak sehingga muncul pemberontakan dalam masyarakat yang tidak puas dengan sistem tersebut. Paham ini menekankan bahwa manusia memiliki kebebasan yang rasional serta tanpa pembatasan oleh pemerintah. Kegiatan pemerintahan pun harus dilandasi dari pendapat dan persetujuan masyarakat.

2. Sosialisme

Paham ini berdasar pada kesamarataan dan kegotongroyongan. Paham ini berkembang karena adanya kesenjangan kehidupan ekonomi dan sosial dalam masyarakat, sehingga dirasakan perlunya peran negara dalam pemerataan kehidupan di masyarakat, sehingga semua orang memiliki tingkatan yang sama.

3.Marxisme – komunisme

Paham ini dikemukakan oleh Karl Marx dan merupakan bentuk lain dari sosialisme. Paham ini mengajarkan adanya kesetaraan dalam suatu masyarakat dengan menghalalkan berbagai cara. Paham ini berkembang setelah adanya revolusi Prancis, akibat terlihatnya kesenjangan yang sangat mencolok antar individu yang memiliki modal dan yang tidak. Konsep kelas dan pengelompokkan masyarakat dianggap tidak efektif untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang diinginkan. Pada akhirnya paham ini berpendapat bahwa kebebasa individu tidak diperlukan dan negara harus mengambil alih seluruh proses pelaksanaan negara tanpa perlu melibatkan tiap warga negara. Nilai yang terkandung dalam komunisme – Marxisme adalah sebagai berikut:

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

  • Monoisme, yaitu menolak adanya golongan dalam masyarakat
  • Menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan termasuk kekerasan
  • Negara memiliki seluruh aset penting dalam kehidupan masyarakat dan tidak diakuinya hak perorangan
  • Agama tidak diakui dan rakyat tidak dapat ikut serta dalam proses pemerintahan

4. Fasisme

Paham ini berkembang di Italia, antara tahun 1992-1943 saat pemerintahan diktator Benito Musolini dan juga dianut oleh Hitler dalam propaganda Nazi. Fasisme mengisyaratkan perlunya kekerasan dalam penyelenggaraan pemerintahan agar rakyat tunduk dan patuh pada segala aturan. Paham fasisme menekankan perlunya ketergantungan terhadap pemimpin yang kharismatik dan berwibawa. Pemimpin ini kemudian akan bertanggung jawab penuh atas berbagai kepentingan rakyat dan dalam hubungannya dengan bangsa-bangsa lain. Oleh karena itu, kekuasaan negara dilaksanakan dengan bentukkan kerja sama pemerintah dan pihak militer atau angkatan bersenjata. Sistem pemerintahan dengan paham fasisme bersifat otoriter dan menekan kebebasan individu dalam bidang apapun.

5, Fundamentalisme

Paham ini menekankan agama sebagai sebagai ideologi yang merupakan dasar dari sistem politik, hukum , dan kehidupan bermasyarakat sehari – hari.

6.Demokrasi

Demokrasi adalah ideologi yang menyatakan bahwa kedaulatan sebuah negara berada di tangan rakyat. Paham demokrasi muncul sejak jaman Yunani kuno dan menyatakan bahwa kepemimpinan pada dasarnya kehendak dari suara rakyat yang bersatu. Sistem demokrasi adalah untuk kepetingan bersama dan bukan untuk masing – masing individu. Dalam penyelenggaraan pemerintahan, rakyat berhak untuk ikut serta dalam keputusan yang berpengaruh pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendapat rakyat biasanya akan ditampung dan disuarakan oleh sbuah dewan perwakilan atau badan legislatif hingga kemudian dimusyawarahkan untuk menjadi suatu keputusan yang memiliki manfaat bagi masyarakat.

7.Feminisme

Paham ini merupakan pengembangan dari demokrasi dimana dalam paham ini menyatakan bahwa wanita memiliki kesetaraan dengan laki – laki dalam bidang apapun termasuk pemerintahan.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS