Fungsi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Fungsi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Negara Indonesia yang telah merdeka pada tanggal 17 Agsutus 1945 memiliki tujuan yang jelas. Bangsa Indonesia yang telah dijajah sepanjang tiga abad memiliki cita – cita untuk berdiri sendiri dan mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Tujuan Bangsa Indonesia dapat kita ketahui dari Pembukaan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu dalam alinea keempat yang berbunyi:

  1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
  2. Memajukan kesejahteraan umum
  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa
  4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Tujuan negara ini kemudian dituangkan dan dijelaskan dengan lebih rinci dalam tujuan pembangunan nasional. Rencana Pembangunan Jangka Menengah adalah bentuk visi, misi, dan strategi pembangunan yang ditetapkan setiap lima tahun sekali untuk mencapai tujuan pembangunan nasional. Selain memiliki tujuan, sebuah negara juga memiliki fungsi. Fungsi umum sebuah negara termasuk negara Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Melaksanakan penertiban (law and order), negara memiliki fungsi untuk menjaga ketertiban demi tercapainya situasi yang aman dan terkendali bagi rakyatnya.
  • Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, salah satu fungsi yang penting dan biasanya tertuang dalam Rencana Pembangunan Nasional
  • Pertahanan, funsgi untuk melindungi diri dari serangan luar. Indonesia memiliki TNI untuk melaksanakan fungsi ini.
  • Menegakkan keadilan, negara melaksanakan fungsi ini pada badan – badan peradilan.

Selain beberapa fungsi di atas, beberapa ahli tata negara juga menyatakan bahwa negara memiliki fungsi lainnya yaitu fungsi reguler dan fungsi sebagai Agent of Development. Fungsi reguler menyatakan bahwa pemerintah suatu negara memiliki fungsi yang bisa langsung dirasakan oleh rakyat, contohnya adalah :

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

  • Negara memelihara ketertiban dan keamanan
  • Negara memiliki fungsi administratif dalam artian rakyat yang memegang kekuatan namun penyampaian aspirasi dilakukan kepada wakil rakyat dalam parlemen.
  • Negara sebagai penegak keadilan dan sumber hukum
  • Negara memiliki fungsi diplomatik, yaitu menjalin kerjasam dan hubungan dengan negara lain.

Fungsi Agent of Development, berarti bahwa berperan dalam menjaga stabilitas dan memunculkan ide – ide baru. Negara memiliki peranan penting dalam menjaga stabilitas dan situasi kondusif dalam berbagai bidang baik politik, sosial budaya, dan ekonomi. Suasana politik yang terkendali dapat menjaga persatuan bangsa dan berdampak pada faktor lain, seperti ekonomi. Perekonomian yang stabil dapat membantu menciptakan lapangan kerja, menyejahterakan rakyat, meningkatkan taraf hidup, dan pada akhirnya tercapainya tujuan pembangunan. Sedangkan, suasana sosial dan budaya yang stabil dan kondusif dapat membantu membentuk kepribadian masyarakat yang lebih positif sehingga seluruh warga negara termotivasi untuk memajukan kehidupan berbangsa.

Negara juga memiliki fungsi dalam memunculkan ide – ide baru yang inovatif. Hal ini penting sebab seiring dengan berjalannya waktu akan terjadi perubahan dalam berbagai bidang pembangunan, negara perlu menciptakan ide baru yang akan terus berkembang demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat.

Demikian penjelasan tentang fungsi negara kesatuan republik Indonesia.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS