Dampak Atas Sanksi Pelanggaran HAM

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Dampak Atas Sanksi Pelanggaran HAM

Kasus atas pelanggaran HAM bukan hanya menjadi perhatian bagi pemerintahan suatu negara. HAM adalah isu universal yang menjadi sorotan dunia sehingga berbagai kasus pelanggaran HAM khususnya pelanggaran berat juga tidak akan lepas dari perhatian masyarakat internasional. Suatu negara dengan kasus pelanggaran HAM berat yang cukup banyak akan menjadi perhatian negara lain sehingga akan berpengaruh pada hubungan internasional negara tersebut dengan negara lainnya. Negara tersebut biasanya akan dikucilkan dalam pergaulan Internasional dan mendapatkan sanksi jika pelanggaran HAM terjadi antara pemerintah atau aparat pemerintahan dengan rakyat atau golongan tertentu di negara tersebut. Dampak atas sanksi tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan negara dan masyarakat di negara tersebut, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Jumlah Pengangguran

Hal ini mungkin akan terjadi. Dengan meningkatnya, kasus pelanggaran HAM para penanam modal asing akan meninggalkan Indonesia karena rasa tidak aman dan instabilitas negara. Hal ini tentu akan menyebabkan banyaknya perusahaan yang tutup sehingga para tenaga kerja yang bekerja di perusahaan tersebut akan menjadi pengangguran. Hal ini juga akan mepengaruhi perekonomian nasional dalam jangka panjang.

  • Mengurangi Daya Beli Masyarakat

Angka pengangguran yang meningkat akan memnyebabkan kemampuan ekonomi yang cukup sehingga kemampuan masyarakat dalam melakukan kegiatan perekonomian juga ikut melemah. Hal ini akan menimbulkan krisis ekonomi karena jumlah barang yang ada tidak sebanding dengan daya beli masyarakat yang rendah. Dalam jangka waktu panjang, hal ini juga akan menimbulkan masalah instabilitas keamanan nasional.

  • Meningkatkan Kemiskinan

Pengangguran juga akan angka kemiskinan. Hal ini tentu akan menjadi pekerjaan yang sangat rumit bagi pemerintah apalagi jika masyarakt tidak bisa ikut serta dalam mencari solusi atas permasalahan tersebut.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

  • Memperkecil Angka Pendapatan Nasional

Keadaan ekonomi yang memburuk serta rendahnya angka angkatan kerja yang aktif dapat menyebabkan merosotnya pendapatan per kapita suatu negara. Pendapatan per kapita umumnya menjadi tolak ukur kesejahteraan masyarakat dalam suatu negara meskipun hal ini juga berpengaruh pada masalah distribusi atau pemerataan. Ada negara dengan distribusi yang merata, maksudnya adalah hampir seluruh warganya berada dalam kondisi perekonomian yang seragam. Ada pula negara dengan kondisi distribusi yang tidak merata sehingga banyak terjadi kesenjangan ekonomi dan sosial, dimana masyarakat yang kaya hidup terlalu berkecukupan, namun banyak pula masyarakat miskuin yang hidup sangat kekurangan. Masalah yang terparah adalah ketika pendapatan per kapita suatu negara sangat rendah ditambah distribusi yang juga tidak merata. Hal ini akan mengakibatkan kesenjanagn sosial yang sangat besar dan memicu ketidakamanan nasional do negara tersebut.

  • Merosotnya Tingkat Kehidupan Masyarakat

Keadaan ekonomi yang buruk tentu akan mempengaruhi kualitas hidup masyarakat secara keseluruha. Masyarakat dengan kemampuan ekonomi yang terbatas akibat pengangguran tidak bisa memperoleh akses yang cukup baik dalam hal pendidikan, kehidupan sosial budaya, dan keamanan.

  • Kesulitan Melakukan Kerja Sama dengan Negara Lain dan Pihak Asing

Kondisi negara yang buruk juga akan memperburuk reputasi atau citra negara tersebut di negara lain. Kondisi ekonomi yang tidak baik mungkin akan menjalar di sektor kehidupan lain dan membutuhkan waktu yang panjang untuk memperbaikinya. Kondisi ini akan mengurangi kepercayaan pihak asing untuk melakukan kerja sama ataupun menjadi mitra negara tersebut sehingga semakin sulit bagi negara tersebut untuk bangkit dari keterpurukannya. Kalaupun ada, biasanya hanya negara dengan sistem yang sangat kuat yang bersedia menjadi mitra atau bekerja sama dengan negara tersebut.

Beberapa dampak di atas mengisyaratkan bahwa penegakkan HAM di suatu negara sangat penting dilakukan. Selain dapat mewujudkan rasa keadilan dan keamanan bagi masyarakat dalam negar aitu sendiri, penegakkan HAM juga  mempengaruhi pandangan internasional terhadap negara tersebut.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS