Pengertian, Ciri, Contoh Teks Persuasif

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Teks Persuasif
Setelah membahas teks argumentasi, selanjutnya kita akan membahas teks persuasif. Apa itu teks persuasif? Apa tujuan teks persuasif? Dan bagaimana ciri-cirinya? Berikut akan dijabarkan secara jelas jawaban mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Teks persuasif berisi tulisan yang membujuk pembaca secara halus melalui pendekatan yang halus pula.

Tujuan penulisan teks ini adalah untuk membujuk pembaca agar mau melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan penulis. Untuk itu penulis harus menggunakan pembuktian dengan data dan fakta. Berbeda dengan teks argumentasi yang berusaha meyakinkan pembaca agar setuju dengan apa yang disampaikan, dalam teks persuasif ini pembaca tidak hanya sebatas setuju, tetapi juga mau melakukan apa yang diinginkan penulis.
Konten atau isi dari teks persuasif berfokus kepada merebut perhatian pembaca. Untuk merebut perhatian pembaca, maka dalam teks persuasif digunakan bahasa yang menarik, berisi ajakan dengan menggunakan kata ayo dan mari, dan pesan yang disampaikan terkesan sangat penting untuk pembaca.

Teks persuasif sendiri sering ditemukan dalam iklan atau propaganda oleh lembaga pemerintah, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan ciri-ciri teks persuasif secara umum,
*Berusaha mengubah pendirian dan pemahaman pembaca
*Berusaha menjelaskan dan menarik kepercayaan pembaca
*Berusaha menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan      antara penulis dengan pembaca.
*Berusaha menghindari konflik agar kepercayaan tidak hilang dan supaya kesepakatan pendapatnya tercapai.
*Menunjukkan fakta-fakta dan data untuk menguatkan argumentasi atau dalil
*Menggunakan kata-kata propaganda dan ajakan seperti kata ayo , mari , segera dan sebagainya.
Bentuk-bentuk teks atau paragraf persuasif biasa digunakan dalam bentuk pidato dan iklan, baik iklan berupa selebaran ataupun iklan elektronik di televisi dan internet.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Di bawah ini akan diberikan beberapa contoh mengenai teks persuasif iklan, persuasif tema lingkungan, dan persuasif tema pendidikan.
Contoh teks persuasif iklan,
*Kulit anda kering, kasar dan suram? Terlalu sering terpapar matahari karena tuntutan pekerjaan? Dapatkan segera! Solusi untuk kulit anda. Produk pemutih alami “GUAVA”! Tanpa menggunakan bahan kimia merkuri, tanpa efek samping dan terbukti dengan cepat meregenerasi kulit mati anda. Ayo! Segera melakukan pesanan di outlet resmi kami di berbagai kota di Indonesia, PERSEDIAN TERBATAS!
Dalam penulisan persuasif iklan, penulis biasanya menonjolkan kata yang dianggap penting sehingga pembaca atau pemirsa iklan dapat lebih memahami maksud dari iklan tersebut.
Contoh teks persuasif lingkungan
*Sungai citarum di Jawa Barat pernah dinobatkan menjadi sungai paling beracun di dunia oleh badan lingkungan hidup dunia. Dalam beberapa waktu, sungai citarum dapat berubah-ubah warnanya akibat dari pencemaran berbagai limbah. Limbah dari hulu berupa limbah kotoran hewan ternak, limbah di pemukiman berupa limbah sampah plastik dan rumah tangga, sedangkan limbah pabrik menyumbang berupa sisa bahan produksi yang tidak terpakai. Jika situasi semacam ini terus dibiarkan, tidak akan lama lagi kehidupan di sepanjang sungai citarum akan musnah dan hancur. Bukan hanya kehidupan hewan yang bergantung kepada sungai ini, tetapi juga kehidupan manusia yang tinggal di sekiatrnya. Tidak ada lagi air bersih, udara yang bersih, dan ikan yang dapat dimakan. Sebagai generasi muda, seharusnya kita menyadari ancaman besar ini. Tidak ada waktu untuk menunggu lebih lama lagi! Mari kita jaga dan lestarikan kembali alam sekitar sungai citarum.
Contoh teks persuasif pendidikan
*Kita mewajibkan anak-anak muslim mengikuti TK Alquran. Sebelumnya, guru-guru TK sudah diberikan insentif. Dulu besarnya Rp25 ribu per orang sekarang sudah Rp100 ribu dan mudah-mudahan tahun ini bisa dinaikkan lagi. Begitu juga madrasah-madrasah, tsanawiyah, aliyah, dan lainnya kita bantu. Yayasan yang bersifat keagamaan marilah kita dukung. Ini semua dimaksudkan supaya masyarakat lebih berkiprah dalam memajukan pembangunan. Intinya, pemerintah harus mampu memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat. Mulai dari peningkatan mutu pendidikan, kesejahteraan guru, pengelolaan air bersih, pelestarian lingkungan, hingga sarana dan prasarana transportasi.
Demikian pembahasan tentang teks persuasif, semoga kalian faham dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

TETAP SEMANGAT BELAJAR DAN BERPRESTASI..!!!

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS