Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Narasi

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Narasi
Secara sederhana, narasi dikenal sebagai cerita. Pada teks narasi terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu urutan waktu. Dalam kejadian itu ada pula tokoh yang menghadapi suatu konflik. Selain tokoh, terdapat pula konflik yang menjadi unsur pokok sebuah narasi. Seperti yang telah dijelaskan bahwa narasi adalah sebuah cerita, maka dalam narasi juga terdapat plot dan alur yang menunjukan urutan kejadian peristiwa akan akan diceritakan.
Teks narasi biasanya digunakan dalam karya sastra yaitu novel, cerpen, legenda, dongeng, dan sebagainya. Teks narasi tersebut dapat berupa cerita nyata atau nonfiksi, dan cerita khayalan atau fikisi.

Ciri-ciri paragraf atau teks narasi yaitu,

Berisi topik aktivitas atau kejadian yang bersifat “luar biasa” yang akan diceritakan.
Berisikan detail tentang aktivitas atau kejadian yang berisi konflik serta klimaks.
Berisikan cerita yang kronologis kejadianya.
Memiliki unsur-unsur utama sepert tokoh, latar, konflik dan sudut pandang pengarang.
Biasanya terdapat cukup banyak kalimat langsung di dalam paragraf
Memiliki nilai estetika.

Di dalam paragraf narasi penulis bisa lebih membebaskan fikiran dan lebih kreatif dalam menentukan diksi, selain itu gaya penyusunan kalimat juga mempengaruhi paragraf narasi tersebut.
Teks narasi dibagi menjadi dua jenis yaitu narasi expositoris dan narasi sugestif,

1. Narasi expositoris

yaitu teks atau paragraf berisikan sebuah cerita yang informatif.

Narasi jenis ini berusaha menyampaikan sebuah informasi dengan balutan cerita. Narasi ekspositoris biasanya berupa kisah seseorang yang ditulis sesuai dengan kenyataannya dan diceritakan dari awal kelahiran hingga kematiannya, atau bisa juga menceritakan hanya sebagian kisah hidup seseorang. Contoh paragraf ini adalah biografi, diari, dan autobiografi.
2. Narasi sugestif

yaitu teks atau paragraf yang berisikan cerita fiksi atau hayalan.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Tujuan penulisan cerita ini adalah untuk hiburan. Narasi sugestif merupakan hasil buah pikiran (imajinasi/ khayalan) dari penulis/ pengarang. Paragraf sugestif mengisahkan sesuatu yang bersifat tidak nyata atau dapat pula menceritakan suatu peristiwa di kehidupan nyata namun dikembangkan sesuai alur yang dibuat oleh penulis. Sehingga, terkadang kita menemukan cerita-cerita baik dalam bentuk tulisan ataupun drama yang memiliki kesamaan dengan kehidupan nyata.
Berikut merupakan contoh teks narasi expositoris dan narasi sugestif,
1. Contoh Narasi Expositoris
*Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Masa kecil Habibie  dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas berpegang pada prinsip telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda ini, harus kehilangan bapaknya yang meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung. Tak lama setelah bapaknya meninggal, Habibie pindah ke Bandung untuk menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School. Di SMA, beliau mulai tampak menonjol prestasinya, terutama dalam pelajaran-pelajaran eksakta. Habibie menjadi sosok favorit di sekolahnya.
Setelah tamat SMA di bandung tahun 1954, beliau masuk Universitas Indonesia di Bandung (Sekarang ITB). Beliau mendapat gelar Diploma dari Technische Hochschule, Jerman tahun 1960 yang kemudian mendapatkan gekar Doktor dari tempat yang sama tahun 1965. Habibie menikah tahun 1962, dan dikaruniai dua orang anak. Tahun 1967, menjadi Profesor kehormatan (Guru Besar) pada Institut Teknologi Bandung.
Di Indonesia, Habibie 20 tahun menjabat Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT, memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, dipilih MPR menjadi Wakil Presiden RI, dan disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI menggantikan Soeharto. Soeharto menyerahkan jabatan presiden itu kepada Habibie berdasarkan Pasal 8 UUD 1945. Sampai akhirnya Habibie dipaksa pula lengser akibat refrendum Timor Timur yang memilih merdeka. Pidato Pertanggungjawabannya ditolak MPR RI. Beliau pun kembali menjadi warga negara biasa, kembali pula hijrah bermukim ke Jerman.
2. Contoh Narasi Sugestif
*Jam menunjukan pukul 19.30, aku di depan laptop dengan muka kadang serius, kadang cekikikan, kadang tekantuk,kantuk, kadang sedih, kadang bosan, kadang merem. Menurutmu apa yang aku lakukan? Mengerjakan tugas? Browsing? Media sosial-an? Tidak tidak, aku nonton film. Nonton film yang sudah berkali-kali aku tonton karena semua film yang ada di laptopku sudah pernah aku tonton semua. Bahkan folder tempat aku menyimpan film-filmku sudah kukategorikan dengan begitu rapih daripada folder tugas-tugas kuliahku. Yang di dalam kurung adalah nama folder film-filmku (Asia, barat, animasi,kartun,anime, drama, yang belum ditonton, dan yang sudah ditonton tapi sedang proses ditonton lagi). Dalam keterlenaanku menonton film, tiba-tiba aku seperti mendengar poster luffy berbisik-bisik, tapi bukan dengan poster spiderman, kali ini dengan semut yang sedang joging di dinding.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai teks narasi, setelah ini kalian diharapkan mampu untuk mengidentifikasi teks narasi serta membuat teks narasi.

 

TETAP SEMANGAT BELAJAR DAN BERPRESTASI…!!!

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS