Contoh teks laporan

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Teks Laporan
Apa itu teks laporan?
Sebelum mengetahui definisi dari teks laporan, sebelumnya kita bahas terlebih dahulu apakah yang dimaksud dengan laporan..
Dengan demikian, teks laporan adalah sebuah bentuk tulisan yang memaparkan suatu fenomena hasil dari pengamatan kepada para pembacanya.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Istilah lain dari teks laporan adalah teks klasifikasi.
Mengapa disebut teks klasifikasi? Hal tersebut dikarenkan teks ini mengkalasifikasikan sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.
Lalu apa perbedaannya dengan teks deskripsi? Yang membedakan keduanya yakni sifatnya.
Jika teks deskripsi membicarakan hal-hal khusus, teks laporan membicarakan fenomena atau hal umum yang lebih luas.
Dalam menulis teks laporan, sebaiknya gunakan pedoman penulisan berikut :
*Laporan yang ditulis bersifat fakta.
*Laporan yang ditulis bersifat objektif.
*Hasil laporan ditulis lengkap dan sempurna.
*Tidak measukan unsur-unsur propaganda dan sejenisnya.
*Laporan ditulis menggunakan bahasa yang menarik, menggunakan tata bahasa yang benar, pemilihan diksi yang baik, dan susunan teksnya logis.
Selanjutnya, untuk menulis sebuah teks laporan, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :
>Pilihlah objek yang akan di amati, objek harus menarik dan bermanfaat bagi pembaca.
>Berikan judul teks sesuai dengan objek yang sedang diamati.
>Membuat kerangka karangan.
>Kembangkan ide-ide kerangka dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan pendukung berupa hasil pemangamatan.
>Membuat kesimpulan.
Di bawah ini merupakan contoh teks laporan, perhatikanlah dengan baik ya!
*Contoh 1
Judul : Teater
Teater modern merupakan teater yang bersumber dari teater tradisional, tetapi gaya penyajiannya sudah dipengaruhi oleh teater Barat. Jenis teater seperti Komedi Stambul, Sandiwara Dardanela, Sandiwara Srimulat, dan sebagainya merupakan contoh teater modern. Dalam Srimulat sebagai contoh, pola ceritanya sama dengan Ludruk atau Ketoprak, jenis ceritanya diambil dari dunia modern. Musik, dekor, properti, dan lainya dipengaruhi oleh teknik barat.
Dari contoh-contoh di atas, nyatalah bahwa teater sudah membudaya dalam kehidupan bangsa kita. Dalam teater, penonton tidak hanya disuguhi pengetahuan tentang baik/buruk, dan indah/jelek, tetapi ikut menyikapi dan melihat action. Kalau mungkin, jika siswa-siswa berteater, mereka melaksanakan tiga matra tujuan mengajar menurut Bloom, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sebab itulah penggunaan teater dalam media pendidikan semakin populer.
*Contoh 2
Judul : Jenis-jenis sayuran yang bernutrisi tinggi
Bahan makanan nabati adalah merupakan bahan makanan yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan, termasuk juga sayur-sayuran. Sayur-sayuran tergolong jenis makanan yang harus selalu hadir di meja  makan  karena mayoritas orang gemar memakan sayur-sayuran, baik di konsumsi secara mentah maupun di masak dahulu.
Sayuran juga banyak di gunakan untuk pengobatan alternatif guna mencegah berbagai penyakit dengan tidak mengandung efek samping yang membahayakan tubuh. Beberapa jenis tananaman yang bernutriswi tinggi yaitu bayam,wortel, kol, sawi, kentang, kacang merah, dan brokoli. Bayam Merupakan tumbuhan  hijau yang umumnya di konsumsi daun nya Bayam termasuk makanan yang kaya nutrisi dan sangat baik sebagai sumber Vitamin.
Selain bayam terdapat sayuran lain yang banyak menjadi sumber vitamin yaitu wortel, Merupakan  jenis sayuran yang popular setelah kentang, jenis sayuran ini termasuk tumbuhan  yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar, Wortel adalah sayuran yang berwarna kuning jingga  kaya akan zat gula, Vitamin, serta garam mineral, dan banyak mengandung beta koranen, Bagian yang di makan adalah umbi akarnya.
Selanjutnya yaitu sayuran sawi ini adalah  yang di konsumsi daunnya, sawi sering di gunakan dalam kebutuhan sayuran sehari-hari , Sawi ini termasuk sayuran yang rendah kalori, dan menga ndung serat yang baik untuk tubuh kita, selain itu juga terdapat kandungan Fosfor,Zat besi, Vitamin A,B1,B2, B3, dan C serta vitamin K.
Demikianlah  berbagai jenis sayuran yang memiliki nutrisi tinggi, semoga bisa membantu kita dalam memperbaiki pola makan atau pola hidup sehari-hari. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih

 

TETAP SEMANGAT BELAJAR DAN BERPRESTASI…!!!

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS