Contoh teks eksposisi / karangan / paragraf eksposisi

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Teks Eksposisi

 

Contoh-contoh teks eksposisi dapat ditemukan di berita dan koran-koran, namun sebelum membahas contoh terlebih dahulu kita akan membahas apa pengertian teks eksposisi, bagaimana strukturnya dan ciri-cirinya, serta jenis-jenis teks exposisi.
Eksposisi adalah tulisan yang tujuan utamanya mengklarifikasi, menjelaskan, mendidik, menyampaikan sebuah informasi atau pengetahuan bagi pembacanya. Ciri-ciri Teks eksposisi yaitu penulisannya menggunakan gaya penulisan yang singkat, akurat dan padat. Meskipun menggunakan gaya penulisan tersebut, teks eksposisi memberikan informasi tambahan bagi pembaca secara jelas, selain itu teks eksposisi juga bersifat mengajak namun tidak memihak. Artinya penulis tidak memaksakan kehendaknya kepada pembaca.
Struktur dari teks eksposisi yang pertama yaitu berupa pernyataan pendapat (tesis) yang berisikan gagasan utama penulis tentang sebuah permasalahan yang berdasarkan fakta.

Kedua yaitu argumentasi, pada bagian ini menjelaskan secara mendalam pernyataan pendapat yang diyakini kebenarannya oleh penulis melalui pengungkapan fakta-fakta sebagai penjelasan argumen penulis.

Struktur terakhir yaitu penegasan ulang pendapat, bagian ini berisi penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentsi bagian pertama.

Berikut merupakan contoh teks eksposisi berdasarkan strukturnya,
Contoh teks eksposisi tentang kesehatan.
Tesis :
Produktifitas hippocampus akan meningkat saat kita mengeluarkan keringat. bagian otak ini berfungsi untuk meningkatkan memori. Dari mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga manula dapat mendapatkan manfaat ini.
Argumen :
Yang perlu diperhatikan pada saat berolahraga adalah tidak berlebihan. Seringkali kita terlalu asik saat berolahraga atau memiliki motivasi berlebihan ingin menurunkan berat badan sehingga sampai olahraga berat selama berjam-jam. Jika dibiarkan terus menerus bukannya manfaat yang didapat justru kita bisa mengalami kondisi overtraining dimana tubuh akan kelelahan, daya tahan tubuh turun dan rasa sakit disekujur tubuh.
Penegasan ulang pendapat.                                                                                                                  Olahraga sebaiknya dengan intensitas ringan-sedang dengan durasi kurang lebih 30 menit per sesi, jika lebih dari itu dibutuhkan fisik yang sesuai. Olahraga selama setengah jam 3-5 kali seminggu lebih baik daripada olahraga 2 jam hanya sekali seminggu.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Contoh 2 Teks eksposisi tentang ekonomi
Tesis:
Sebagaimana diketahui bahwa dalam kuartal I ini, perekonomian Indonesia dirasa melambat. Dalam kuartal ini diketahuai bahwa ekonomi China hanya tumbuh 7 persen dari periode yang sama, yaitu 7,4 persen (yoy). Sedangkan, Singapura merosot tajam pertumbuhan ekonominya: dari 4,9 persen menurun menjadi 2,1 persen.
Argumen :
Indonesia memiliki, setidaknya, 3 (tiga) modal bagus untuk pulih perekonomiannya. Pertama, Indonesia memiliki anggaran belanja pemerintah yang besar untuk membangun infrastruktur. Hal ini dikarenakan akan terjadi trickle down effect atau aktivitas ekonomi yang akan dinikmati oleh banyak masyarakat. Resep jitu tersebut itulah yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia dalam menaikkan anggaran belanja infrastruktur sebanyak Rp 100 triliun di APBN 2015 dibandingkan di era SBY yang berjumlah Rp 290,3 triliun.
Kedua, Indonesia memiliki iklim investasi yang sudah cukup baik, yang ditunjukkan salah satunya dengan adanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang sangat bermanfaat untuk menghadirkan investasi, baik dari asing maupun domestik. Ketiga, dan ini yang paling penting karena tidak dimiliki oleh banyak negara maju ialah Bonus Demografi dimana usia produktifnya lebih banyak dibandingkan usia tidak produktif. Sehingga, usia produktif diharapkan dapat menggenjot pertumbuhan ekonomi dengan cara meningkatkan produktivitas.
Penegasan Ulang Pendapat
Melambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I tahun 2015 ini, menurut lembaga keuangan internasional, IMF, tidak akan berjalan lama. Pasalnya, perlambatan tersebut hanyalah karena persoalan ekonomi global, khususnya dari Negara Cina dan Singapura, yang selama ini menjadi mitra dagang utama Indonesia.
Demikian pengertian dan contoh teks eksposisi yang biasanya kita temukan dalam berita dan koran-koran.

 

TETAP SEMANGAT BELAJAR DAN BERPESTASI..!!!

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS