Pengertian, Jenis, dan Contoh Teks Deskripsi

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Tahukah Kamu Apa yang Dimaksud dengan Teks Deskripsi?

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan, menjabarkan atau menjelaskan suatu hal.

Kata deskripsi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu describe yang berarti penggambaran. Teks deskripsi berusaha menggambarkan atau melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya sehingga pembaca atau pendengar dapat merasakan, melihat, mencium dan mendengar apa yang digambarkan dalam teks deskripsi tersebut.
Ciri-ciri paragraf atau teks deskripsi yaitu,
Berisi pernyataan yang menggambarkan tentang objek yang akan digambarkan secara detail, bisa berupa benda, tempat atau suasana tertentu.
Ketika pembaca membaca teks deskripsi, pembaca seolah-olah merasakan, melihat, atau mengalami secara langsung  apa yang sedang dibicarakan pada teks tersebut.
Terdapat gambaran tentang kondisi objek yang jelas berupa lokasi, orang, cuaca, ukuran dan sebaginya.
Deskripsi dibagi menjadi 3 jenis yaitu deskripsi subjektif, deskripsi objektif dan deskripsi spatial.

1. Paragraf atau teks deskripsi subjektif

yaitu paragraf yang penggambaran objeknya berdasarkan kesan penulisnya. Jadi dalam menggambarkan suatu objek berupa benda, lokasi, atau suasana tertentu penulis menggunakan opini pribadinya untuk menggambarkan kondisi tersebut selain kondisi yang sudah ada.

2. paragraf deskripsi objektif

yaitu paragraph yang penggambaran objeknya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya tanpa penambahan opini dari penulisnya.

3. deskripsi spatial

paragraf deskripsi spatial yakni paragraf yang penggambarannya hanya berupa benda, tempat, ruang, dan sebagainya.

*Contoh paragraph Deskripsi subjektif
Perpustakaan adalah tempat terfavoritku untuk menghabiskan waktu luang. Entah mengapa Susana hatiku terasa sejuk dan damai setiap kali aku berkunjung dan sekedar membaca sehelai demi sehelai buku di perpustakaan. Jejeran buku-buku tua hingga buku-buku baru tak luput dari pandanganku. Meskipun ruangan ini diselimuti sedikit debu yang menempel pada buku-buku yang jarang terjamah, menurutku jusru bau debu inilah yang menambah suasana khusuk dan khas dalam sebuah perpustakaan. Bangku-bangku kayu yang lembab mengeluarkan bau khas menusuk hidung, dan lagi-lagi, aku sangat menyukai bau kayu lembab itu. Entah mengapa aku suka sekali berlama-lama di perpustakaan tua ini.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

*Contoh paragraf deskripsi objektif
Rendang merupakan masakan khas dari kota Padang, Sumatra Barat. Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas Indonesia. Rempah-rempah yang digunakan antara lain: cabai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, jahe, kemiri, serai, daun salam dan daun jeruk. Selain rempah di atas, dalam pembuatan rendang juga terdapat air santan kelapa yang menimbulkan rasa gurih. Memasak rendang memerlukan waktu sekitar empat hingga enam jam.

*Contoh paragraf deskripsi spatial
Desa Wisata Argo Turi meruapakan tempat penghasil salak pondoh yang cukup terkenal kenikmatannya. Untuk mencapai desa wisata ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sepanjang 25 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk mencapainya dari Yogyakarta anda dapat melalui Jln. Palagan Tentara Pelajar atau Jln. Magelang. Banyak papan petunjuk jalan yang sangat membantu para turis menemukan desa wisata ini. Sebuah pintu gerbang bertuliskan Wisata Argo Turi akan menyambut anda ketika memasuki jalan menuju desa wisata ini. Begitu memasuki jalan desa, anda akan disuguhkan dengan pemandangan pohon salak yang ditamam berjajar di bahu jalan sehingga menambah kesan asri khas pedesaan.

Dari contoh-contoh di atas kemudian bisa ditarik kesimpulan bahwa teks deskripsi memiliki struktur pembangun, yaitu identifikasi,klasifikasi, dan bagian terakhir yaitu deskripsi

. Pada bagian identifikasi, berisikan penentuan dari identitas seseorang, benda, atau objek lainya. Pada bagian klasifikasi berisikan sistem pengelompokan objek yang digambarkan, sedangkan bagian terakhir yaitu penggambaran jelas tentang suatu objek, atau topik yang ada dalam teks tersebut.

Demikianlah penjelasan tentang Teks Deskripsi, Pelajari dan Pahami.

TETAP SEMANGAT BELAJAR DAN BERPRESTASI…!!!

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS