Pengertian dan Contoh Teks Argumentasi

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Paragraf/Teks Argumentasi

Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan cara menjabarkan pendapat, ulasan, bahasan, atau ide pribadi penulisnya. Tujuan dari paragraf ini adalah untuk meyakinkan, atau mempengaruhi pembaca agar memiliki pendapat yang sama dengan pendapat penulis.
Paragraf ini harus disertai dengan fakta-fakta aktual seperti data, hasil research, teori ahli, contoh, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk menguatkan pendapat-pendapat yang dijabarkan dalam paragraf tersebut, sehingga pendapat yang kalian sampaikan tidaklah sekedar omong kosong dan pembaca akan merasa yakin dan sependapat dengan pemikiran kalian

.
Lalu apakah perbedaan antara paragraf argumentasi dan paragraf eksposisi? Berikut merupakan perbedaan antara kedua paragraf tersebut:
ARGUMENTASI

Menggunakan data-data berupa fakta untuk membuktikan bahwa pendapat yang kita sampaikan adalah benar.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Penulis berusaha meyakinkan pembaca dan menggiring pembaca untuk setuju dengan pendapat yang disampaikan.
EXPOSISI
Penggunaan data-data berupa fakta bukan untuk membuktikan namun hanya untuk menjelaskan.
Percaya atau tidaknya pembaca tergantung dari pembaca masing-masing, penulis tidak memaksa pembaca untuk sependapat dengan penulis, karena tujuan awalnya hanyalah menyampikan informasi sehingga pembaca mendapat info tambahan.
Setelah mengetahui perbedaan keduanya, kita dapat mengetahui ciri-ciri sebuah teks argumentasi sebagai berikut :
Berisi pendapat, pandangan, atau keyakinan penulis terhadap suatu permasalahan.
Memiliki data-data faktual yang digunakan untuk meyakinkan pembaca.
Menjabarkan suatu permasalahan dengan cara menganalisa dan menganalogikan.
Diakhiri dengan kesimpulan berupa pendapat yang lebih luas bukan merupakan penegasan kembali topik utama.
Berikut merupakan contoh teks Argumentasi,
*Keberadaan perpustakaan memang sangat penting dalam lingkungan pendidikan, tak terkecuali perpustakaan di sebuah universitas, salah satunya yaitu di lingkungan universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta memiliki satu perpustakaan pusat dan beberapa perpustakaan yang berada ditiap fakultas.
Perpustakaan Fakultas Bahasa dan Seni memiliki peraturan berupa larangan penggunaan laptop dalam perpustakaan. Menurut saya, peraturan tersebut berlawanan dengan era teknologi yang terus berkembang. Peran buku dalam bentuk nyata atau kertas di era teknologi seperti sekarang ini tergeser dengan adanya buku digital. Pengetahuan yang terangkum dalam buku bisa juga dilihat dan dicari melalui internet. Jika sebuah perpustakaan merupakan pusat pencarian ilmu, lalu logiskah peraturan perpustakaan yang melarang penggunaan laptop? Karena sejauh ini laptop merupakan sarana untuk mendapatkan akses internet di UNY, (meskipun baru-baru ini bisa menggunakan smartphone, dan internet sangat membantu dalam proses pembelajaran selain buku.
Mengenai larangan penggunaan laptop di dalam perpustakaan, ada baiknya perpustakaan Fbs lebih membuka diri dan melihat bagaimana seharusnya menjadi sebuah tempat yang berguna karena penuh dengan informasi dan ilmu. Bukan sekedar tempat yang hanya berisikan tumpukan buku-buku belaka.
Contoh paragraf singkat argumentasi.
*Menurut pendapat saya, kenaikan harga rokok memiliki dampak positif bagi masyarakat. Dengan adanya kenaikan harga rokok lebih dari 100 persen, diharapkan mampu menekan perokok aktif di negeara ini. Para perokok terutama perokok usia bawah umur akan berpikir dua kali untuk membeli sebungkus rokok dengan alasan tingginya harga rokok tersebut. Dengan demikian angka perokokpun akan turun dan tentu akan dibarengi dengan turunnya angka penderita kanker yang disebabkan oleh rokok, baik perokok pasif maupun perokok aktif.
Nah, sekarang kalian sudah faham bukan mengenai apa itu teks argumentasi dan apa perbedaannya dengan teks exposisi. Jika belum faham, kalian boleh membaca ulang artikel ini.

 

TETAP SEMANGAT BELAJAR DAN BERPRESTASI…!!!

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS