Penjelasan dan Contoh Surat Pribadi kepada Keluarga

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Pengertian Surat Pribadi, Struktur dan Contohnya.
Pernahkah kalian menulis surat? Terutama surat pribadi?

Kali ini saya akan membahas mengenai surat pribadi.Pada dasarnya semua orang bisa menulis surat pribadi. Surat pribadi adalah surat yang ditulis untuk orang lain dengan tujuan untuk kepentingan pribadi, karena surat ini bersifat pribadi, maka penggunaan bahasanya pun tidak terlalu terikat dengan aturan-aturan tertentu.Namun tetap harus diperhatikan susunan dan etika penulisannya supaya orang yang menerima surat tersebut tidak menganggap surat kita adalah surat yang tidak sopan.

Surat pribadi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
*Tidak menggunakan kop surat.
*Tidak menggunakan nomor surat.
*Salam pembuka dan penutup sangat bervariasi.
*Menggunakan bahasa yang bebas atau tidak baku.
*Tidak menggunakan format tertentu atau bebas.
Dengan melihat ciri-ciri surat pribadi di atas, kalian pasti bertanya-tanya apakah yang akan dipelajari dalam materi ini? Meskipun dalam penulisan surat pribadi tidak menggunakan aturan dan format yang tetap, kita tetap harus memperhatikan komposisi, isi, serta kesopanan atau etika bahasa yang digunakan

.
Struktur surat pribadi pada umumnya yaitu berisi :
Alamat, tempat, dan tanggal pembuatan surat. Pada bagian ini menjelaskan posisi penulis surat dan waktu ditulisnya surat.
Contoh :
>Yogyakarta, 20 Maret 2016
Sahabatku
>Rakhmi D Rahayu
Di Jakarta
Salam pembuka.
Salam pembuka adalah sapaan sebelum menuju ke isi surat. Salam pembuka pada surat pribadi sangat bebas dan bervariasi tergantung selera dari penulis surat sendiri. Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk siapa surat tersebut ditujukan.

Contoh :
>Salam pembuka surat untuk sahabat : Salam manis, sahabatku di Jakarta.
>Salam pembuka surat untuk keluarga : assalamualaikum ayah dan bunda tersayang di rumah.
Paragraf pembuka.
Paragraf pembuka biasanya berisi pertanyaan mengenai kabar atau keadaan.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Contoh :
Assalamualaikum ayah, bunda. Apakah kabar kalian baik-baik saja? Apakah ayah dan bunda masih sering berolahraga pagi bersama? Nino kangen sekali dengan ayah dan bunda, lari pagi bersama di halaman rumah kita. Ayah dan bunda kangen juga kan dengan nino?

Paragraf isi.
Paragraf ini berisi inti atau tujuan dibuatnya surat. Walaupun yang anda tulis adalah surat pribadi,bagian ini tetap harus anda tulis jelas agar mudah dimengerti. Hal ini bertujuan agar pesan anda dapat tersampaikan dengan baik.

Contoh :
“ ayah, bunda.. Pada awalnya nino sangat tidak betah tinggal di kota orang seperti ini. Jauh dari ayah dan bunda, jauh dari saudara. Namun setelah sekian bulan nino disini, nino sadar nino harus bertahan demi pendidikan nino dan demi cita-cita ayah dan bunda. Pagi hari aktivitas nino disini adalah berangkat kuliah, sepulang kuliah nino mengikuti program extrakulikuler kampus untuk mengisi waktu luang nino. Tapi tenang saja yah, bun…kegiatan yang nino ikuti tidak berbahaya dan insya allah tidak menggangu kuliah nino. Oh ya, nino juga baru saja mengikuti lomba di kampus, walaupun tidak menang nino tetap ingin memberi tahu ayah dan bunda bahwa nino sudah berusaha. Nino hanya butuh doa ayah dan bunda untuk terus bertahan kuliah di sini.”
Paragraf penutup
Paragraf penutup digunakan untuk mengakhiri isi surat. Biasanya paragraf ini berisi permohonan maaf, mohon diri, harapan dan sebagainya.
Contoh :
“ayah, bunda…sekian dulu surat dari nino. Nino hanya berpesan supaya ayah dan bunda menjaga kesehatan dan jangan terlalu lelah bekerja.. Assalamualaikum dan sampai bertemu tahun depan. Nino sayang bunda dan ayah”
Nah, mudah bukan untuk membuat surat pribadi? Walaupun media surat sudah jarang sekali digunakan untuk berkomunikasi, tidak ada salahnya kalian mencoba untuk menulis surat untuk orang lain tentunya dengan bahasa dan etika yang sopan. Selamat mencoba!

 

TETAP BELAJAR DAN BERPRESTASI…!!!

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS