Contoh paragraf analogi

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Paragraf Analogi
Paragraf analogi yaitu paragraf yang membandingkan dua hal yang berbeda namun memiliki makna esensial yang sama.

Paragraf ini membandingkan suatu objek dengan sobjek lain dalam hal tertentu kemudian disimpulkan di akhir paragraf. Kalimat di awal paragraf memaparkan hal-hal yang menjadi topik pembicaraan, Kemudian kalimat-kalimat berikutnya membandingkan letak persamaan yang dimiliki oleh dua hal yang berbeda. Selanjutnya persamaan dari objek-objek tersebut disimpulkan pada akhir kalimat.
Paragraf analogi menggunakan pengembangan pola khusu-umum, yaitu pola berfikir induktif.

Proses berpikir ini bergerak dari pandangan umum lalu menuju kepada penjelasan yang lebih khusus lagi. Jadi dalam paragraf analogi kita diharuskan memikirkan 2 hal yang memiliki kesamaan lalu menyimpulkan apa saja persamaan dua hal tersebut.
Supaya kalian bisa dengan mudah mengidentifikasi sebuah paragraf analogi, maka harus dipahami terlebih dahulu bagaimana ciri-ciri paragraf analogi tersebut.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Berikut merupakan ciri-ciri paragraf analogi :
*Paragraf analogi membandingkan dua hal yang berbeda namun secara esensial memiliki kesetaraan berupa peristiwa dan keadaan .
*Berisi kalimat-kalimat penjelas yang menggambarkan persamaan dalam hal esensi cerita dari dua hal yang berbeda.
*Gagasan utamanya terletak di akhir paragraf yang bersifat menyimpulkan dari dua hal yang sebelumnya telah dibandingkan atau dianalogikan.
Berikut merupakan contoh paragraf analogi :
*Contoh 1
Kuda pacu yang patah kakinya tidak akan bisa mengikuti pacuan kuda seperti sedia kala, lalu apakah kuda pacu tersebut masih bisa di anggap sebagai kuda pacu, atau malah kemudian menjadi kuda peliharaan biasa? Sama seperti Aleksa, kini ia tidak dapat memainkan gitarnya karena kejadian kecelakaan panggung pada konser beberapa tahun lalu. Kini ia hanya bisa memandangi gitarnya dan sesekali mengangkat sekuat tenaganya. Kedua tangannya benar-benar lunglai karena pengecilan otot. Aleksa yang sejak umur 7 tahun sudah mendeklarasikan dirinya sebagai seorang gitaris, kini hanya bisa duduk memandangi gitarnya tanpa bisa memainkan. Lalu sama seperti kuda pacu, apakah Aleksa sudah tidak layak lagi disebut sebagi seorang gitaris? Hidup ini memang terkadang tidak dapat diprediksi kemana arah dan tujuannya.
*Contoh 2
Ketika kita membeli buah apel yang terbungkus dalam plastik hitam, kita tidak dapat mengetahui apakah apel tersebut matang atau malah sudah busuk. Begitu juga dalam memilih pendamping hidup. Kita tidak dapat mengetahui sifat dan kebiasaan buruk pilihan kita jika kita tidak mengetahui lebih dalam mengenai calon pasangan kita. Kita bisa mengatakan bahwa bentuk buah dalam plastik itu adalah apel, tetapi apakah kemudian kita bisa tahu apakah apel tersebut masih segar atau sudah layu? Sama seperti pasangan hidup, kita perlu bersama orang tersebut meskipun hanya sebentar untuk mengetahui apakah orang tersebut cocok dengan kita atau malah bentrok dengan kita.
*Contoh 3
Sebuah kendi akan mengeluarkan isi dari kendi tersebut. Isinya bisa berupa air putih, susu, madu, atau jenis minuman yang lain. Apapun jenis minuman dalam kendi itu, tak ada yang tahu sampai isi dalam kendi tersebut dituangkan ke dalam gelas. Begitu pula dengan manusia, suatu perkataan yang keluar dari lisan sesorang menggambarkan bagaimana kepribadian orang tersebut. Tak ada yang tahu bagaimana kepribadian seseorang selama ia tidak mengeluarkan isi dari hati dan pikirannya. Seseorang yang berkepribadian yang baik, ia hanya akan mengeluarkan kata-kata yang baik, bermanfaat dan tidak sia-sia. Sebaliknya seseorang memiliki kepribadian buruk, yang keluar dari lisannya bisa berupa umpatan, kata-kata kasar, dan yang lainnya. Meskipun banyak diantara manusia yang buruk berusaha menyembunyikan sifat aslinya dengan berpura-pura baik, namun hal itu tak akan bertahan lama. Pasti akan ketahuan sifat aslinya, karena kendi hanya mengeluarkan isi dari dalam kendi tersebut. Lisan merupakan cerminan dari isi hati dan pikiran manusia.

Nah, demikianlah penjelasan dan contoh dari Analogi. silahkan pelajari dan pahami.

 

TETAP SEMANGAT BELAJAR DAN BERPRESTASI…!!!

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS