Contoh kalimat langsung dan tidak langsung

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Kalimat Langsung dan Kalimat Tidak Langsung

 

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang terdiri dari kata dan klausa dan digunakan untuk menyampaikan ide atau gagasan. Berdasarkan penyampaiannya, kalimat dibedakan menjadi dua yaitu kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.
Kalimat Langsung
Kalimat langsung adalah kalimat yang penyampaianya sama persis seperti apa yang diucapkan oleh orang lain, tidak ditambah atau dikurangi. Pembicaraan atau kata-kata orang lain tersebut dikutip seoalah-olah pembicara sendiri yang mengucapkannya.
Kalimat lansung sering ditemukan pada berbagai jenis teks, mulai dari cerpen, novel, dongeng, dan yang paling banyak ditemukan adalah dalam sebuah dialog drama. .
Pada bentuk lisan, kalimat langsung ditandai dengan nada intonasi pengucapan yang naik atau lebih tinggi dari kalimat pendampingnya.

Sementara pada bentuk tulisan, ada beberapa aturan yang harus digunakan untuk menulis kalimat langsung .
atauran-aturan tersebut antara lain :
*Harus diberi tanda petik.
*Di awal kalimat petikan/kutipan harus ditulis dengan huruf kapital meskipun letak kalimat tersebut berada di tengah kalimat atau paragraf.
*Antara kalimat petikan/kutipan dengan kalimat pendamping dipisahkan dengan tanda baca koma.
*Kalimat petikan/kutipan tidak ditambah dan dikurangi, jika kalimat terlalu panjang maka cukup ditulis seperlunya, lalu beri baca titik sebanyak 3 kali.
*Kalimat langsung berupa dialog seperti dalam teks drama harus dipisah dengan tanda baca titik dua antara kalimat pendamping dan kalimat petikannya.
Berikut merupakan contoh kalimat langsung,
*Malam itu seorang perempuan berkata padaku, “Bawalah kedua anak kucing ini, kasihan mereka.”
*“Bawalah anak-anak kucing ini, lalu rawat mereka” kata wanita itu.
*“Tidak! Jangan kau bawa anak-anak kucing itu!” teriak wanita itu.
Pada contoh pertama, terlihat bahwa setelah kalimat pendamping yaitu Malam itu seorang perempuan berkata padaku diberi tanda baca koma untuk memisahkan antara kalimat tersebut dengan kalimat petikan.
Pada contoh kedua, kalimat pendamping berada setelah kalimat petikan, maka antara kalimat pendamping dan petikan tidak perlu diberi tanda baca koma.
Sementara pada contoh ketiga, terdapat penggunaan tanda baca kalimat seru (!), peletakan tanda baca tersebut harus berada dalam kalimat petikan, karena msih termasuk dalam badan kalimat petikan.
Selain contoh kalimat langsung di atas, di bawah ini merupakan contoh kalimat langsung yang menggunakan kutipan yang cukup panjang.
Jenis ini biasanya ditemukan pada karya tulis yang memerlukan kutipan asli para ahli untuk mendukung argumen mereka.
*Pada pidatonya senin lalu, kepala sekolah SMA Negeri 1 Pringsewu mengatakan bahwa, “ pendidikan merupakan aspek terpenting dalam kehidupan, masa depan bangsa ini diitentukan oleh kualitas pendidikannya. Negara-negara maju seperti jepang, finlandia, dan negara-negara eropa lainya sangat memperhatikan kualitas pendidikan generasi mudanya, untuk itu kita perlu belajar lebih banyak dari mereka sehingga…….”

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Kalimat Tidak Langsung
Berlawanan dengan kalimat langsung, kalimat tidak langsung adalah kalimat yang menyampaikan kembali informasi yang disampaikan oleh orang lain dengan bahasa sendiri.
Dalam bentuk lisan, kalimat ini tidak mengalami perubahan intonasi dalam penyampainnya, dan dalam bentuk tulisan, tidak terdapat aturan seperti pada kalimat langsung yaitu penempatan tanda baca petik.
Ciri umum dalam kalimat ini adalah sering digunakannya konjungsi bahwa.
Contoh :
*Wanita itu berkata padaku bahwa aku harus merawat anak-anak kucing itu karena dia merasa kasihan.
*Kepala sekolah SMA Negeri 1 Pringsewu dalam pidatonya mengatakan bahwa pendidikan adalah aspek penting dalam kehidupan.
Pada contoh kalimat di atas bisa disimpulkan bahwa kalimat tidak langsung mengijinkan penyampai pesan untuk mengurangi atau menambahkan kalimat. Kalimat yang disampaikan tidak harus sama persis seperti apa yang diucapkan, namun makna pesan yang disampaikan harus tetap tersampaikan dengan jelas dan benar.
Kalimat tidak langsung bisa diubah kedalam kalimat langsung, begitu juga sebaliknya.
Berikut merupakan beberapa contoh perubahan kalimat tersebut.
*Sebelum ujian kemarin ayah berkata, “Jangan memikirkan hal lain, konsentrasi saja dengan ujianmu.” (kalimat langsung)
Sebelum ujian kemarin ayah berkata padaku bahwa aku tidak boleh memikirkan hal lain yang dapat mengganggu konsentrasiku dalam mengerjakan soal-soal ujian. (kalimat tidak langsung).

 

Nah, demikian penjelasan tentang kalimat langsung dan tidak langsung.
kami harap anda bisa membedakan antara kalimat langsung dan tidak langsung.

 

TETAP SEMANGAT BELAJAR DAN BERPRESTASI…!!!

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS