Contoh kalimat efektif

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Keefektifan Kalimat
Kalimat tidak boleh dipahami hanya sekedar soal bangunan kebahasaan yang minimal terdiri dari unsur subjek dan unsur predikat.
Kalimat juga tidak cukup hanya difahami sebagai satuan bahasa terkecil yang dapat digunakan untuk mengungkapkan ide atau gagasan yang utuh.
Kalimat harus dipahami sebagai alat pengungkapan ide yang mampu menimbulkan ide baru dari dalam diri penulis maupun pembacanya.
Lalu apa hubungan penjelasan di atas dengan kalimat efektif?
Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu membangkitkan kembali gagasan yang dimiliki oleh pendengar atau pembaca persis sama dengan apa yang dimiliki oleh pembicara atau penulisnya.
Ada sejumlah prinsip yang harus diperhatikan untuk membentuk tuturan atau tulisan yang efektif. Prinsip-prinsip tersebut akan dijelaskan satu demi satu disetai contoh.
Prinsip-prinsip teks yang efektif antara lain :
>Prinsip kesepadanan struktur
Prinsip kesepadanan struktur adalah adanya keseimbangan antara ide atau pikiran yang dimiliki oleh sesorang dengan bentuk kalimat atau struktur yang digunakan. Prinsip kesepadanan struktur itu diantaranya terlihat dari adanya kejelasan subjek, tidak adanya subjek ganda, tidak adanya kesalahan dalam pemanfaatan konjungsi, intrakalimat, dan konjungsi antar kalimat, dan adanya kejelasan predikat kalimat. Kejelasan subjek dapat dijamin dari tidak ditempatkannya preposisi atau kata depan di depan subjek kalimat.
Contoh :
*Kepada para mahasiswa dimohon untuk menyelesaikan semua kewajiban keuangan pada akhir bulan ini.
Kehadiran kata kepada pada contoh kalimat di atas menunjukan bahwa kalimat tersebut tidak efektif. Kata kepada menjadikan subjek kalimat yaitu mahasiswa menjadi tidak jelas alias kabur. Ketidak jelasan itulah yang membuat kalimat di atas tidak efektif.
Untuk menjadikan kalimat di atas efektif, maka perlu dihilangkan kata kepada, menjadi :
*para mahasiswa dimohon untuk menyelesaikan semua kewajiban keuangan pada akhir bulan ini.
>Prinsip kesesuaian hubungan bentuk dan jenis kata
Susunan bentuk kata dalam teks ini harus sesuai dan teratur.
Sebagai contoh, cermati kalimat di bawah ini;
*Ibu ke pasar membeli makanan, minum, dan sayur-sayuran
Bentuk kalimat di atas sekilas tidak terlihat ganjil, namun jika dicermati lagi, dalam kalimat tersebut terjadi susunan jenis kata yang tidak sesuai .
Bentuk kata makanan, minum, dan sayuran yaitu berupa nomina, verba, nomina. Tentu saja, susunan seperti ini tidak benar dan tidak efektif.
Bentuk efektif dari kalimat di atas adalah sebagai berikut;
*Ibu ke pasar membeli makanan, minuman, dan sayuran.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

>Prinsip Ketegasan Makna
Kalimat efektif harus mengandung makna yang tegas supaya menjadi jelas. Bentuk ketegasan dalam suatu kalimat bisa di lihat dari pengulangan kata secara proporsional.
Contoh :
*Saya suka kelembutannya, saya suka kesantunanya.
Pengulangan kalimat di atas dilakukan secara proporsional sehingga keefektifan kalimat tidak terganggu, justru pengulangan tersebut menjadikan kalimat lebih tegas maknanya. Sebaliknya, apabila kalimat menggunakan pengulangan yang tidak proporsional, pengulangan tersebut justru akan mengerdilkan makna.
>Prinsip kehematan kata
Kalimat efektif adalah kalimat yang hemat, tidak berbelit-belit, tidak rumit, dan mudah untuk dipahami. Salah satu cara untuk memenuhi prinsip kehematan kata adalah dengan cara menghilangkan subjek yang sama.
Contoh :
*Meskipun dia tidak diundang, dia tetap datang.
Kalimat di atas adalah kalimat majemuk yang klausa-klausanya memiliki subjek yang sama. Kalimat tersebut dapat dirapatkan untuk menghemat kata. Penyebutan subjek hanya perlu dilakukan sekali, maka kalimat di atas menjadi,
*Meskipun tidak diundang, dia tetap datang
Contoh lain kalimat efektif dengan prinsip penghematan yaitu :
*Dia memakai baju berwarna merah jingga (kurang efektif)
*Dia memakai baju merah jingga (efektif).
Demikianlah pembahasan mengenai keefektifan dan ketidakefektifan kalimat. Dengan ini kalian diharapkan mampu menyusun kalimat baik lisan maupun tulisan secara efektif supaya pembaca atau lawan bicara kalian mudah mengerti apa yang ingin kalian sampaikan.

 

SEMANGAT BELAJAR DAN BERPRESTASI…!!!

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS