Cara Menyusun dan Contoh Daftar Pustaka

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Bagaimana Cara Menyusun Daftar Pustaka?

Sebuah buku atau karya limiah biasanya memiliki halaman yang berisi catatan daftar buku, artikel, jurnal, dan refresnsi lainya yang dipakai sebagai acuan dalam menyusun buku atau karya ilmiah tersebut di akhir halaman karya. Daftar refrensi itulah yang disebut dengan daftar pustaka. Fungsi dari penulisan daftar pustaka antara lain untuk membangun kepercayaan pembaca, memberi nilai lebih pada karya yang dijadikan rujukan maupun karya yang diciptakan dan sebagai kajian atau sumber ilmu pengetahuan yang terkait. Selain itu, penulisan daftar pustaka juga membantu pembaca mencari bahan bacaan atau ilmu pengetahun terkait isi karya tulis.

Daftar pustaka merupakan unsur penting dalam sebuah karya baik berupa buku, thesis, skripsi, dan sebagainya. Refrensi apapun yang dipakai untuk mendukung penyusunan karya baik berupa buku, artikel, jurnal, dan materi dari internet harus dicantumkan di daftar pustaka.

Mengingat pentingnya penulisan sebuah daftar pustaka, maka berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menuyusun daftar pustaka yang baik dan benar.

Daftar pustaka disusun berdasarkan urutan alphabet, berturut-turut dari atas ke bawah tanpa menggunakan penomoran 1, 2, 3 dan seterusnya.
Penulisan daftar pustaka dengan sumber buku.

Hal pertama yang ditulis adalah nama pengarang, nama belakang pengarang ditulis terlebih dahulu, baru kemudian nama depan. Beri tanda baca titik setelah penulisan nama.

Tuliskan tahun terbit buku lalu beri tanda baca titik.
Tuliskan judul buku dengan huruf cetak miring dan beri tanda baca titik.
Tuliskan kota terbit dan nama penerbit. Diantara kota terbit dan nama penerbit diberi tanda baca titik dua. Setelah nama penerbit diberi tanda baca titik.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Contoh: buku yang digunakan untuk refrensi adalah buku karya Gorys Keraf yang berjudul Diksi dan Gaya Bahasa. Buku tersebut terbit tahun 1984 dan diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama di Jakarta. Kemudian buku kedua yang dijadikan refrensi adalah buku berjudul Kiat Pembacaan Puisi karya Erizal Gani yang terbit tahun 2014 oleh penerbit Pustaka Reka Cipta di Bandung. Maka cara menulis daftar pustaka tersebut yaitu,
Gani, Erizal. 2014. Kiat Pembacaan Puisi. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Keraf, Gorys. 1984. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Apabila buku ditulis oleh dua pengarang atau lebih maka penulisan disusun sebagai berikut :
Altenbernd, Lynn, dan Leslie L. Lewis. 1970. A Handbook for the Study of Poetry. The Macmillan Company: London.
Mulyana, Yoyo dkk. 1997. Sanggar Sastra. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.
Contoh Penulisan daftar pustaka dengan sumber Internet.
Hatta M.2013. Yang Terlarang dalam Berkarier. http://www.sdmlink.com/page/artikel/?act/detil/aid/42 (diakses pada 22 mei 2013)
Contoh Penulisan daftar pustaka dengan sumber Koran
Rahimawati, B. 10 Mei, 2013. Unsur penting dalam penulisan daftar pustaka. Majapahit Pos , hlm. 2 & 6
Contoh Penulisan daftar pustaka dengan sumber Ensiklopedia kamus
Stafford-Clark, D. 1978. Mental disorders and their treatment. The New Encyclopedia Britannica. Encyclopedia Britannica. 23: 956-975. Chicago, USA . Echols, J.M. dan Shadily, H. (Eds). 1989. Kamus Inggris – Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Demikian pengertian dan contoh penyusunan daftar pustaka. Semoga bermanfaat.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS