Bentuk-bentuk Negara (Kesatuan, Serikat, dll.)

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Bentuk-bentuk Negara

Pernahkah kamu berpikir mengapa beberapa daerah di Amerika Serikat disebut sebagai negara bagian, sedangkan di Indonesia disebut propinsi? Hal ini dikarenakan ada perbedaan antara bentuk Negara Amerika Serikat dan bentuk Negara Indonesia. Bentuk – bentuk negara memang berbeda – beda. Beberapa pakar memiliki perbedaan pendapat mengenai bentuk dari negara, namun beberapa pendapat terkuat menyatakan bahwa bentuk negara ada dua yaitu negara kesatuan (seperti Indonesia) dan negara serikat (seperti Amerika Serikat). Sebuah negara memutuskan untuk menjadi negara kesatuan atau negara serikat tergantung dari sejarah, sistem politik, dan kebudayaan yang berkembang.

Negara kesatuan merupakan negara yang telah merdeka dan memiliki pemerintahan yang berdaulat dengan hanya satu kesatuan yang berwenang mengendalikan dan mengatur seluruh daerah. Negara ini juga disebut memiliki susunan tunggal. Bentuk dari negara kesatuan, terbagi lagi menjadi dua yaitu sentralisasi dan desentralisasi.

  1. Sentralisasi berarti negara kesatuan tersebut langsung diatur dan diurus oleh pemerintahan pusat dan daerah hanya menjalanakan.
  2. Desentralisasi berarti kepala daerah memiliki hak dan kewajiban dalam mengatur urusan di wilayahnya sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masing – masing daerah. Umumnya sistem ini banyak digunakan oleh negara – negara pada zaman moderen termasuk oleh Indonesia.

Indonesia menerapkan sistem desentralisasi karena wilayah yang sangat luas dan tugas pusat pemerintahan yang semakin kompleks. Sistem desentralisasi akan lebih efektif digunakan dan daerah akan lebih berkembang sesuai dengan potensinya masing – masing dan pemerintah pusat hanya mengawasi sistem pemerintahan masing – masing.

Berbeda dengan negara kesatuan, negara serikat (negara federasi)  berarti adanya negara di dalam negara. Negara – negara kecil dalam sebuah negara yang besar ini biasa disebut sebagai negara bagian sedangkan gabungan dari negara – negara bagian disebut sebagai negara federal. Setiap negara bagian berhak untuk memiliki kepala negara, parlemen, dan konstitusi sendiri, namun kedaulatan dari negara serikat tetap dipegang oleh negara federal. Urusan kenegaraan akan terbagi menjadi dua, pertama yang diurus secara detail dan rinci (limitatif) diberikan kepada negara federal dan yang lainnya akan diberikan kepada negara bagian.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Terdapat beberapa persamaan dan perbedaan antara negara serikat dan negera kesatuan. Persamaannya adalah kedua bentuk negara ini bersifat desentralisasi dimana tiap daerah memiliki wewenang untuk mengatur pemerintahannya sendiri dan pemerintahan pusat memiliki kedaulatan penuh ke luar. Sedangkan perebedaannya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Negara bagian dalam negera federasi memiliki hak untuk memiliki kepala negara, parlemen, kabinet, dan konstitusi sendiri. Susunan organisasi juga dapat ditentukan sendiri oleh tiap negara – negara bagian sehingga sistem pemerintahan dan organisasi antara negara bagian mungkin akan berbeda. Sedangkan, tiap – tiap daerah dalam negara kesatuan sudah memiliki kerangka dan sistem yang terlebih dulu ditetapkan oleh pemerintah pusat sehingga antar daerah biasanya memiliki sistem organisasi yang sama.
  2. Pemerintahan pusat dalam negara kesatuan membentuk undang – undang yang bersifat umum sedangkan negara federal membentuk undang – undang yang sifatnya terperinci dan terbatas (limitatif).

Selain, kedua bentuk negara di atas ada pula beberapa bentuk negara lain diantaranya adalah:

  • Serikat Negara atau Konfederasi, dalam negara ini setiap bagian memiliki kedaulat penuh ke luar.
  • Negara Dominion adalah kumpulan negara bekas jajahan negara lain dan masih mengakui raja dan ratu negara yang menjajahnya tetapi kumpulan negara ini juga memiliki kedaulatan sendiri dan melaksanakan politik luar dan dalam negerinya secara mandiri.
  • Negara protektoral adalah negara yang memiliki negara pelindung untuk urusan luar negerinya, beberapa negara protektoral juga meminta perlindungan negara pelindungnya untuk hal pertahanan.
  • Negara uni adalah beberapa negara yang telah merdeka tetapi memiliki satu kepala negara yang sama.

Demikian penjelasan seputar bentuk-bentuk negara.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS