Asal Mula Terjadinya Negara

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Asal Mula Terjadinya Negara

Manusia adalah makhluk individu dan makhluk sosial. Dalam perannya sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan orang lain untuk hidup berdampingan demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Interaksi antar manusia sebagai makhluk sosial ini disebut masyarakat. Interaksi antar masyarakat ini meliputi berbagai bidang diantaranya adalah spiritual, ekonomi, pendidikan, dan politik. Manusia dengan ruang lingkup interaksi yang lebih luas dan memiliki perasaan senasib dan sepenanggungan kemudian mendiami suatu wilayah yang besar dan disebut sebagai Negara. Negara dan rakyat yang hidup di dalamnya biasa disebut dengan bangsa.
Proses terbentuknya suatu negara sendiri melalui beberapa pendekatan yang berbeda menurut para ahli. Pendekatan tersebut ada yang bersifat teori, faktual (kenyataan), dan berdasarkan proses pertumubuhan. Adapun beberapa pendekatan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pendekatan secara teori

a.Teori Ketuhanan
Teori ini menyatakan bahwa negara terbentuk atas kehendak Tuhan dan bukan kekuatan manusia semata.

b.Teori Kontrak Sosial
Teori ini menyatakan bahwa negara terbentuk dari adanya kesadaran manusia sebagai makhluk sosial kemudian menciptakan perjanjian dengan manusia lainnya untuk kepentingan bersama.

c.Teori Kekuasaan atau kekuatan
Teori ini menyatakan adanya kekuasaan atau dominasi kelompok yang kuat terhadap kelompok yang lebih lemah kemudian kelompok yang memiliki dominasi tersebut melakukan penaklukan.

d.Teori Hukum Alam
Teori ini menyatakan bahwa negara terbentuk berdasarkan kekuasaan alam yang berlaku dalam setiap waktu dan tempat, serta bersifat universal dan tidak berubah.

2.Pendekatan secara faktual

Pendekatan faktual melihat asal – usul terjadinya negara berdasarkan dari kenyataan yang diketahui menurut sejarah lahirnya suatu negara. Beberapa konsep pendekatan secara faktual adalah sebagai berikut:

a.Pendudukan
Terjadi ketika suatu wilayah yang belum dikuasai kemudian diduduki oleh suku / kelompok tertentu.

b.Proklamasi
Negara terjadi karena adanya perjuangan melawan bangsa lain yang menguasai wilayahnya kemudia menyatakan kemerdekaan.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

c.Penarikan
Negara yang terbentuk akibat naiknya lumpur sungai atau timbul dari dasar laut kemudian dihuni oleh sekelompok orang.

d.Penyerahan
Terjadi ketika suatu wilayah diserahkan pada negara lain atas dasar perjanjian tertentu.

e.Pemisahan
Negara yang terjadi karena memisahkan dari negara lain dan menyatakan kemerdekaan.

f.Pencaplokan / Penguasaan
Negara yang berdiri karena mencaplok atau menguasai daerah negara lain tanpa adanya perlawanan.

g.Peleburan
Negara yang terjadi karena adanya negara – negara yang meleburkan diri atau bersatu menjadi satu kesatuan.

h.Pembentukan baru
Negara yang terbentuk dari negara yang terpecah.

3. Berdasarkan proses pertumbuhan
Pendekatan ini melihat tahapan perkembangan negara, mulai dari asal mula terjadinya, proses pertumbuhannya, hingga mencapai bentuk negara yang utuh. Proses pertumbuhan negara dibagi menjadi dua yaitu proses primer dan sekunder.

a. Primer
Fase ini menyatakan bahwa negara terbentuk dari bentuk yang paling sederhana (contohmya: keluarga) dan kemudian berkembang menjadi bentuk yang lebih kompleks tanpa adanya negara sebelumnya ataupun intervensi dari negara lain. Adapun tahapan berkembangnya negara secara primer adalah sebagai berikut:

manusia – keluarga – suku – kerajaan – negara

b. Sekunder
Teori terjadinya negara secara sekunder yang didasarkan bahwa negara telah ada sebelumnya. Namun karena adanya revolusi, intervensi, dan penaklukan, timbullah negara yang menggantikan negara yang telah ada. Teori ini juga melihat dari kenyataan atau kondisi faktual yang terjadi di negara tersebut. Beberapa kemungkinan terbentuknya negara berdasarkan pendekatan sekunder antara lain karena adanya proklamasi, peleburan, pendudukkan, dan pencaplokan.

Setelah sebuah negara dianggap telah berdiri, maka hal lain yang sangat penting adalah pengakuan dari negara lain baik secara konstitusi (pengakuan kedaulatan secara utuh) maupun deklarasi (pengakuan yang bersifat pengumuman). Pengakuan ini sangat penting untuk mempertahankan keberadaan negara tersebut dan memudahkan suatu negara berinteraksi dengan negara lain karena sama halnya seperti manusia, suatu negara tidak dapat hidup tanpa bantuan negara lain.

Demikian penjelasan seputar asal mula terjadinya negara.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS