Apa kepanjangan dari AFTA dan EFTA beserta keterangannya?

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Apa kepanjangan dari dan keterangan AFTA? Apa kepanjangan dari dan keterangan EFTA?

Kepanjangan dari AFTA
AFTA merupakan singkatan dari ASEAN Free Trade Asia, terjemahannya adalah Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN.

Keterangan Tentang AFTA
AFTA merupakan persetujuan negara-negara anggota ASEAN menyangkut sektor produksi lokal di seluruh negara anggota ASEAN. Persetujuan AFTA ditandatangani secara resmi oleh 6 negara anggota, antara lain Indonesia, Brunei, Singapura, Filipina, Malaysia, dan Thailand. Vietnam bergabung pada tahun 1995, Laos dan Myanmar tahun 1997, dan Kamboja tahun 1999. Tujuan utama yaitu meningkatkan daya saing ASEAn sebagai basis produksi pasar dunia melalui penghapusan bea dan halangan non-bea dalam ASEAN, dan menarik investasi asing langsung ke ASEAN.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS

Kepanjangan dari EFTA
EFTA merupakan singkatan dari European Free Trade Association, terjemahannya Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa.

Keterangan Tentang EFTA
Jika di kawasan ASEAN ada AFTA, di kawasan Eropa ada EFTA. EFTA merupakan blok dagang alternatif untuk negara-negara Eropa yang tidak mampu atau tidak mau bergabung dengan Masyarakat Ekonomi Eropa (European Economic Community (EEC)). Saat ini ada empat negara anggota EFTA, antara lain Islandia, Liechtenstein, Norwegia, dan Swiss. Swiss dan Norwegia merupakan negara pendiri EFTA.

Negara-negara anggota EFTA telah membuat perjanjian perdagangan bebas dengan sejumlah negara lain. Keseluruhan anggota EFTA saat ini turut serta dalam pasar tunggal Uni Eropa melalui perjanjian dalam Wilayah Ekonomi Eropa dan Swiss melalui serangkaian perjanjian bilateral.

Temukan jawaban soal tugas sekolah/PR lewat Brainly brainly apps

DOWNLOAD VIA 9APPS